Hussssh!! Mandi Itu Nggak Baik

  • Whatsapp

Ada yang mengatakan bahwa jangan sampai kita mandi terlalu sore atau malahan sampai mandi malam hari. Karena hal tersebut bisa menyebabkan penyakit, seperti rematik, pegal linu, lengkap sampai nyeri sendinya. Alhasil kita terkadang ketakutan kalau mau mandi kan? Nah, apa smartgirl salah satu yang merasa begitu juga?

1. Bagi yang malas mandi, pasti mitos ini membahagiakan sekali.

Ketika kita misalnya bangun terlambat ketika tidur siang, dan belum sempat mandi, pasti orangtua mengatakan biar mandinya besok pagi saja sekalian. Sebab mandi kesorean tidak baik. Padahal jika saja baru bangun tidur, pasti tidak nyaman rasanya ketika harus beraktifitas malam hari dengan keadaan masih bau kasur dan bantal, belum lagi jika ditambahkan sisa air liur. Terlebih juga jika aktifitas sore hari yang sudah kita lakukan membuat badan sangat berkeringat dan lengket, serhingga tidak nyaman untuk dibawa beristirahat, maka mitos ini akan semakin terasa tidak pas.

Read More

Jika kita mulai melanggar, maka biasanya orangtua akan menambahkan keyakinan kita dengan berkata bahwa efeknya bukan langsung terlihat sekarang, tapi nanti kalau suah tua, badan akan menjadi mudah sakit-sakitan.

2.Apa alasan mandi malam tidak baik?

Alasannya ada berbagai macam, mengenai ini coba smartgirl perhatikan baik-baik ya!

Yang pertama adalah bahwa sebenarnya waktu malam adalah waktu bagi badan untuk istirahat, sehingga menurut orangtua zaman itu, mandi seharusnya dilakukan ya sore hari, agar malamnya badan tidak usah dipaksa untuk terkena suhu dingin lagi, karena badan sudah lelah dari pagi sampai petang. Ketika badan lelah dan diguyur air, maka diyakini akan membuat si badan itu menjadi sakit.

Yang kedua, mitos ini menekankan agar jangan malas mandi. Kebersihan adalah hal yang sangat penting dan harus dijaga. Apalagi jika menyangkut masalah kebersihan badan, yang melekat pada diri kita. Ketika terbiasa mandi terlalu malam, artinya di badan itu tadi diisyaratkan pasti mengandung bakteri dan kuman yang sudah beranak-pinak. Karena itu, menunda mandi berarti sama artinya dengan membiarkan badan rawan terkena penyakit.

3. Faktanya?

Namun sebenarnya adanya mitos ini bukan hanya isapan jempol belaka. Sebab memang ada kalanya ketika badan kita bereaksi secara negatif terhadap aktivitas mandi malam ini. Dan hal ini ternyata bisa dijelaskan secara logis. Dikatakan bahwa ketika badan terkena air yang suhunya terlalu dingin, bagian otot yang tidak kuat menahan suhu tersebut biasanya akan mengalami kekakuan, hal inilah yang biasanya akan menyebabkan pegal linu dan nyeri otot muncul. Dan jika memang sebelumnya sudah lebih dulu mengidap penyakit seperti pegal ataupun linu, maka sesungguhnya benar-benar tidak disarankan untuk mandi ketika malam, karena airnya akan bersuhu lebih dingin.

Atau bisa dibilang kita bisa mengalami keadaan “kram” saat sedang mandi karena badan kita tidak mampu menerima suhu yang terlalu tinggi. Terkadang ada beberapa orang yang mengakalinya menggunakan air hangat saat mandi, ini bisa jadi alternati saat smartgirl semua pengen mandi di waktu malam hari. Semoga bermanfaat! πŸ™‚

 

Editor : Syifa Rosyiana DewiΒ 

Related posts