Ternyata Karena Penyakit Endometriosis dan Fibroid, Zaskia Sungkar Sulit Memiliki Keturunan!

  • Whatsapp

 Artis cantik Zaskia Sungkar baru saja menjalani operasi sebagai bentuk upayanya menjalankan program hamil di Malaysia. Melalui akun instagramnya, kakak Shireen Sungkar ini mengungkapkan jenis penyakit yang dideritanya yaitu endometriosis dan fibroid.

Nah sebenernya penyakit apa sih itu? Dan apa ciri-cirinya? Simak beberapa ulasan berikut ini yaa SmartGirl..

Read More

  1. Endometriosis merupakan penyakit pada sistem reproduksi di mana jaringan dari lapisan dalam dinding rahim (endometrium) tumbuh di luar rahim.

copyright by brillio.net

Mengutip dari alodokter.com, endometriosis adalah suatu penyakit pada sistem reproduksi wanita di mana jaringan dari lapisan dalam dinding rahim atau endometrium tumbuh di luar rongga rahim.

Tiap bulan, tubuh wanita akan melepaskan hormon yang memicu penebalan dinding rahim atau endometrium, yang merupakan persiapan untuk menerima sel telur yang sudah dibuahi. Apabila tidak terjadi kehamilan, dinding rahim akan luruh dan keluar dari tubuh dalam bentuk darah yang keluar dari vagina. Endometriosis terjadi saat jaringan endometrium tumbuh di luar rahim.

Kalau kamu mengidap endometriosis, jaringan tersebut juga mengalami proses penebalan dan luruh, yang sama dengan siklus menstruasi. Tetapi, darah tersebut akhirnya mengendap dan tidak bisa keluar karena terletak di luar rahim. Endapan tersebut akan mengiritasi jaringan di sekitarnya. Lama-kelamaan, jaringan parut atau bekas iritasi pun terbentuk.

2. Penyebab penyakit ini terdiri dari beberapa faktor, mulai dari genetik hingga lingkungan

copyright by hipwee.com

Endometriosis adalah salah satu penyakit yang diderita kaum Hawa. Cirinya adalah sakit perut hebat ketika masa menstruasi datang, bahkan banyak di antaranya tidak bisa beraktivitas sedikit pun dah terpaksa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Gejala umum lainnya yang diderita oleh para perempuan yang menderita endometriosis adalah rasa sakit tidak normal ketika sedang berhubungan badan.

Penyebabnya terdiri dari berbagai faktor, seperti usia produktif, genetik hingga lingkungan. Perempuan berusia 20-30 tahun banyak mengeluarkan darah haid sehingga kemungkinan mengidap endometriosis juga semakin tinggi. Banyaknya polutan dan zat buangan industri seperti dioksin ditengarai merusak sistem imun yang semestinya membersihkan sel darah haid.

3. Sedangkan fibroid dikenal sebagai pertumbuhan sel abnormal yang tumbuh di bagian uterus atau rahim

copyright by google.com

Fibroid memiliki nama lain leiomiom uteri, fibro leiomiom, fibromiom, miom, atau fibroid uterus. Kelainan ini umumnya terjadi pada cewek dan bisa saja berkemungkinan untuk berujung pada leiomiosarkoma atau kanker meskipun fibroid diketahui sebagai keadaan tak berpotensi kanker.

Karena ukurannya sangat kecil, fibroid nggak mudah untuk dilihat dengan mata telanjang, tapi terkadang ukurannya bisa sangat besar dan memicu kerusakan bentuk uterus. Makanya, bisa saja terjadi saat pasien memeriksakan fibroid ini lalu beberapa waktu kemudian ukurannya bisa berubah, seperti mengecil atau membesar dengan cepat. Ada juga kasus di mana tanpa pengobatan dokter pun fibroid bisa hilang sendiri.

Berikut beberapa gejala yang dirasakan oleh penderita fibroid, antara lain:

  • Perut terasa kembung.
  • Dubur mengalami tekanan.
  • Kaki dan punggung terasa sakit.
  • Susah buang air kecil ataupun air besar.
  • Tulang pinggang terasa nyeri.
  • Darah menstruasi keluar lebih banyak dari biasanya
  • Saat menstruasi, rasa nyeri di perut bisa berlangsung selama seminggu atau bahkan lebih.
  • Muncul rasa nyeri saat melakukan hubungan intim.

Nah SmartGirl ternyata meyeramkan sekali ya penyakit yang satu ini. Semoga kita sama- sama belajar dari penyakit yang diderita oleh Zaskia Sungkar. Semoga dia diberi kesembuhan yaa. Stay Healthy SmartGirl!trib

 

Related posts