Connect with us

Smartnews

Gempa Magnitudo 6.4 Guncang Situbondo, Getaran Terasa Hingga Bali

Okti Sulisnia

Published

on

https://regional.kompas.com

GIRLISME.COM – Telah terjadi gempa berkekuatan magnitudo 6,4 dengan pusat gempa berada di 61 kilometer timur laut Situbondo, Jawa Timur, sekitar pukul 01:44:57 WIB pada Kamis (11/10/2018).

Dari keterangan resmi BMKG melalui akun Twitternya, gempa tersebut terjadi di kedalaman 10 km dan tidak berpotensi tsunami. Hanya saja, getaran akibatan gempa dirasakan di beberapa wilayah di Jawa Timur, antara lain Banyuwangi, Bondowoso, Jember, hingga Malang. Bahkan kabarnya gempa juga dirasakan hingga ke Denpasar, Bali.

Hingga berita ini dikeluarkan, data sementara akibat gempa tersebut dilaporkan tiga orang meninggal dunia, empat orang luka-luka, dan beberapa rumah mengalami kerusakan. Daerah yang terparah adalah di Kecamatan Gayam Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Tiga orang yang meninggal dunia adalah:

1) Nuril Kamiliya (7) Desa Prambanan, Kecamatan Gayam – Sumenep.

2) H. Nadhar (55) Dusun. Jambusok, Desa Prambanan, Kecamatan Gayam – Sumenep.

3) Laki-laki Dewasa (masih identifikasi) Desa Prambanan, Kecamatan Gayam – Sumenep.

“Korban meninggal akibat tertimpa bangunan yang roboh. Kejadian gempa Kamis dini hari (11/10/2018) saat korban sedang tidur. Tiba-tiba gempa mengguncang dan rumah roboh sehingga korban tidak bisa menyelamatkan diri,” tulis Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui keterangan tertulisnya.

Pihak Provinsi Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Sumenep masih melakukan pendataan terkait jumlah rumah yang mengalami kerusakan. Sejauh ini, kerusakan rumah terdapat di beberapa wilayah yaitu di desa Jambuir, Kecamatan Gayam Kepulauan Sapudi, Kopedi Kecamatan Bluto, Kertasada Kecamatan Kalianget, Masjid Desa Gendang Timur Kecamatan Sepudi dan Nyabakan timur Kecamatan Batang.

Okti Sulisnia
Content Writer, Books Enthusiast, Public Relations
[jr_instagram id="2"]

Beri Komentar

Trending