Connect with us

Girls and Food

Di Akhir Bulan, Ini Nih 4 Resep Masakan Sehat Nan Murah Meriah!

nawa

Published

on

GIRLISME.COM- Tanggal tua pasrah untuk makan alakadarnya tanpa mempertimbangkan kesehatan? Lupakan! Ada kok beberapa kreasi resep makanan sehat, murah, dan enak yang bisa Anda coba di dapur.

Ingin tahu apa saja resep makanan sehat yang murah dan juga enak? Simak selanjutnya!

1. Resep Roti Panggang Alpukat dan Telur

Bahan:
4 lembar roti gandum
2 buah alpukat matang
2 butir telur
2 sdm susu cair
1 buah bawang bombai
Merica dan garam secukupnya
Mentega secukupnya
1 sdm madu (optional)
Cara membuat:
Selai alpukat: belah alpukat, keluarkan daging buahnya, hancurkan menggunakan sendok atau gunakan food processor jika perlu. Tambahkan madu jika menginginkan sedikit rasa manis. Sisihkan.
Telur orak-arik: kocok telur bersama dengan susu. Panaskan minyak dengan api sedang, tambahkan bawang bombai, masak hingga harum. Tuangkan telur yang sudah dikocok, aduk telur sambil terus dimasak hingga matang (kurang lebih 1 ½ menit). Sisihkan.
Panggang roti menggunakan pemanggang roti atau bisa juga menggunakan wajan anti lengket. Boleh menambahkan mentega di atas roti. Panggang kedua sisi roti hingga warnanya sedikit berubah (jangan sampai hangus).
Oleskan selai alpukat di atas roti. Tambahkan telur orak arik di atasnya.
Roti panggang selai alpukat dan telur siap disajikan!
Resep makanan yang satu ini juga merupakan resep yang cocok untuk sarapan. Selain rasanya yang lezat, makanan ini juga mengandung nutisi lengkap mulai dari karbohidrat, lemak, dan protein.

2. Resep Capcay Bakso Sapi

Bahan:
1 buah wortel
15 buah jagung muda
10 tangkai sawi hijau (caisim)
100 gram kembang kol atau brokoli
50 gram jamur kuping, rendam air panas, tiriskan
10 buah bakso sapi ukuran kecil, potong-potong
2 butir telur
2 batang bawang daun, potong 3 cm
2 sdt merica bubuk
2 cm jahe, memarkan
750 ml kaldu ayam
1 ½ sdm saus tiram
1 ½ sdt gula pasir
Garam secukupnya
4 siung bawang putih
4 buah bawang merah
1 buah tomat, potong dadu
Minyak sayur secukupnya
Cara membuat:
Cuci bersih semua bahan sayuran, kemudian tiriskan.
Tumis bawang merah dan bawnag putih hingga harum. Tambahkan tomat, jahe, bakso, telur, aduk hingga telur mengering.
Tambahkan kaldu dan semua sayuran, kecuali caisim. Masak hingga semua sayuran setengah layu.
Tambahkan saus tiram, gula pasir, garam, aduk hingga rata.
Tambahkan caisim dan bawang daun, aduk hingga semua sayuran matang sempurna.
Capcay siap untuk dihidangkan.
Selain menggunakan bakso, Anda juga bisa membuat variasi capcay dengan ayam atau daging sapi. Resep yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang sedang bingung mencari menu untuk makan siang atau malam hari ini.

3. Resep Gado-gado

Bahan:
100 gram kol, iris tipis
100 gram tauge
100 gram mentimun
150 gram daun selada
3 butir telur, rebus
100 gram kentang rebus
100 gram tempe, goreng
100 gram tahu putih, goreng
Bahan saus kacang:
2 sdm minyak goreng
4 buah cabai rawit merah
3 buah cabai merah
4 buah bawang merah
3 siung bawang putih
2 lembar daun jeruk purut
300 ml santan sedang
200 gram kacang tanah, goreng, haluskan
1 ½ sdm gula merah iris
½ sdm air asam jawa
Garam secukupnya
Pelengkap:
Emping goreng
Bawang goreng
Cara membuat:
Kukus kol dan tauge hingga layu, sebentar saja karena kedua sayuran ini mudah layu.
Potong daun selada, mentimun, telur rebus, kentang rebus, tempe goreng, dan tahu goreng. Sisihkan.
Panaskan minyak, tumis bumbu saus kacang yang sudah dihaluskan dengan daun jeruk hingga harum. Tambahkan santan, kacang tanah, gula merah, air asam jawa, dan garam. Masak hingga mendidih dan mengantal. Angkat.
Cara menyajikannya adalah dengan cara menata semua bahan di atas piring, lalu siramkan saus kacang di bagian atas.
Tambahkan bawang goreng di atasnya, lalu sajikan bersama dengan emping.

Gado-gado merupakan salah satu resep makanan khas Indonesia. Banyak orang juga yang menyebut gado-gado sebagai salad khas Indonesia. Gado-gado merupakan salah satu resep makanan sehat karena mengandung nutrisi lengkap yaitu vitamin dan mineral dari sayuran hingga protein dari kacang dan tahu tempe

4. Resep Nasi Goreng Sayuran

Bahan :
500 gram nasi putih yang tidak terlalu panas
1 buah wortel yang dipotong bentuk dadu
50 gram kacang polong
1 buah jagung manis yang dipipil
2 lembar kol yang diiris tipis
2 sendok makan kecap manis
1 sendok teh kecap asin
¼ sendok teh garam
¼ sendok teh merica bubuk
Minyak secukupnya, untuk menumis
Bumbu Halus :
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 buah cabe merah besar
Cara Membuat :
Panaskan minyak di api yang sedang
Tumis semua bumbu halus hingga harum
Masukkan wortel, jagung manis, kacang polong, dan juga kol lalu aduk hingga rata
Tambahkan dengan kecap manis, garam, kecap asin, dan juga merica bubuk
Masukkan nasi putih dan aduk hingga rata
Angkat dan sajikan

nawa
Nadhifah Azhar ; Bandung, 22 April 1998 ; Gunungkidul Yogyakarta ; [email protected] ; Hobbi : Travelling

Beri Komentar

Continue Reading
Advertisement

Girls and Food

Ternyata 4 Jajanan Lezat Ini Masaknya Bisa Pake Teflon, Ngga Harus Diangetin Pake Oven. Ah Love Banget Deh!

nawa

Published

on

By

GIRLISME.COM- Buat Kamu yang ngga punya oven di rumah, pasti terkadang bingung nih gimana caranya buat kue tanpa oven? Padahal oven salah satu peralatan wajib yang Kamu punya semisal mau buat kue.

Sebenarnya Smartgirl ngga perlu khawatir, karena tanpa oven pun, kamu tetep bisa mengolah makanan atau kue. Oven bisa kamu ganti menggunakan teflon. Mau tahu makanan apa saja? Yuk intip sama sama yak!

1. Menu sarapan favorit ala Amerika alias pancake cuma dimasak pakai teflon lo. Bahkan sudah ada tepung pancake siap olah biar kamu nggak lagi kerepotan bikin adonannya.

Yap, pancake ini emang bahan bahannya udah ada yang instan, tinggal campur dengan air jadi dan langsung aja masak diatas teflon. Tadaa jadi deh sarapan kamu!

2. Kalau pengen ngemil martabak manis nggak perlu beli di abang-abang, orang bikinnya gampang. Siapkan teflon dan adonannya saja.

Smartgirl ngga usah deh beli beli martabak di jalanan itu, udah bikin aja sendiri. Lagian gampang loh, kamu bisa memasaknya di teflon, adonannya kurang lebih sama seperti adonan pancake.

3. Nggak harus ke Bali buat beli pai susu atau pergi ke kafe kekinian buat beli pai apel, tanpa mixer dan oven, kamu bisa olah sendiri pakai teflon!

Siapa nih penggemar berat pie susu? Udah buat aja sendiri di rumah, ternyata gampang banget! Masaknya juga ga ribet, ngga perlu pake oven, kamu bisa kok cuma pake teflon aja!

4. Brownies nggak cuma bisa dioven atau dikukus saja, dimasak pakai teflon pun nggak kalah rasanya.

Ngga kalah gurih dan renyah, brownies kering yang diolah dengan oven ternyata rasanya enak enak aja! Smartgirl wajib sih nyobain cara memasak ini dirumah!

nawa
Nadhifah Azhar ; Bandung, 22 April 1998 ; Gunungkidul Yogyakarta ; [email protected] ; Hobbi : Travelling

Beri Komentar

Continue Reading

Girls and Food

Smartgirl Ini Dia 4 Olahan dari Ayam yang Sekali Masak Bisa Disantap Saat Berbuka Sekaligus Sahur!

nawa

Published

on

By

GIRLISME.COM- Saat Sahur atau Berbuka Puasa di Bulan Ramadhan terkadang bingung menentukan menu makanan dengan bahan dasar daging ayam. Berikut 4 Resep Menu masakan rumahan yang enak dengan bahan dasar ayam yang diharapkan dapat menambah selera makan disaat sahur ataupun berbuka puasa. Bisa kamu angetin juga, jadi tinggal sekali mas deh!

1. SAYAP AYAM GORENG MADU SAUS BARBEQU

Bahan dan bumbu:
1 kg sayap ayam, buang ujungnya dan potong 2
5 sdm saus barbequ, secukupnya
1-2 sdm madu, secukupnya
Garam ( kalau perlu saja )
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ayam
Campur hingga rata:
1 gelas tepung
1 sdm garam, secukupnyasa
1 sdm lada putih / merica serbuk ( bisa pakai lada hitam )
Kaldu bubuk ayam sedikit saja ( boleh di skip )
Cara Membuat Sayap Ayam Goreng Madu Saus Barbequ::
Campur ayam dengan tepung, aduk rata kemudian goreng ayam sampai warnanya kekuningan, jangan terlalu kerin.
Panaskan saus barbequ dan madu, campur rata. icipi, kalau di rasa kurang asin ya tambahin garam. Masukkan ayam yang udah di goreng tadi, aduk hingga rata. Angkat.
Sayap Ayam Goreng Madu Saus Barbequ siap dihidangkan.

2. RESEP AYAM GORENG MENTEGA

Bahan:
1/2 ekor ayam, potong ukuran sederhana kecil
Minyak untuk menggoreng
2 sdm margarin
Bumbu:
4-5 siung bawang putih, cincang halus
1 buah bawang bombay, iris
3 cm jahe memarkan
3 sendok makan saus tiram
3 sendok makan kicap manis
3 sendok makan saus cabe pedas manis
1 sendok teh merica bubuk
Kecap asin secukupnya ( pengganti garam )
Royco/ masako ayam secukupnya
2 gelas air
1/2 biji paprika merah/ kuning/ hijau potong2 segitiga/ sesuai selera
1 batang daun bawang besar, iris serong
1 sendok teh maizena/ tepung jagung campur dengan 1 sendok makan air.
Cara Membuat Ayam Goreng ur aMentega:
Panaskan minyak goreng, goreng ayam hingga matang tapi jangan terlalu kering, angkat.
Panaskan 5 sendok makan minyak sisa menggoreng bersama margarin, tumis bawang putih, bawang bombay dan jahe hingga harum.
Masukkan saus tiram, kecap asin, kecap manis, saus cabe, merica, garam, aduk rata. Masukkan air, didihkan.
Masukkan ayam. Aduk rata dan biarkan bumbu menyusut. Tambahkan paprika, aduk hingga layu.
Masukkan larutan tepung maizena, aduk rata. Masukkan daun bawang, aduk sebentar. Angkat.
Ayam Goreng Mentega siap disajikan.

3. RESEP AYAM BUMBU ASAM PEDAS

Bahan-bahan
1 ekor ayam (dipotong kecil)
1 batang serai (di geprek )
Daun kesum secukupnya
Sekuntum bunga kantan (dibelah 5)
Air asam jawa (50gm asam jawa + segelas air)
3 gelas air
Sedikit lada hitam – tumbuk kasar
Garam secukup rasa
Royco ayam secukupnya
Minyak untuk menumis
Bumbu yang dihaluskan:
35 tangkai cabe kering (gunting, rendam dan toskan), saya pakai cabe segar, takarannya sampai bumbu yg di blender berwarna merah
7 ulas bawang merah
5 ulas bawang putih
1 inci kunyit
1 inci halia
1 sendok makan terasiu berbuka
Cara Membuat Ayam Bumbu Asam pedas:
Panaskan minyak. Tumis bahan-bahan yang blender bersama serai sehingga garing / kering dan keluar minyak.
Masukkan ayam, bunga kantan, daun kesum, lada hitam dan air asam jawa. Aduk rata dan tutup kuali sehingga ayam agak mengecut.
Tambahkan air secukupnya.
Akhir sekali, tutup kuali dan tunggu sehingga ayam empuk serta mendapat kepekatan / kekentalan kuah asam pedas yang ideal. Jangan lupa masukkan garam dan royco ( boleh di tambahkan gula kalau mau ).
Boleh lah diangkat dan dihidangkan dengan nasi putih atau dicicah saja dengan roti putih.

4. RESEP AYAM MASAK TOMAT

Bahan dan bumbu:as
1 kor ayam, potong ukuran sedang kemudian lumuri dengan 1 sdt serbuk kunyit dan 2 sdt garam, biarkan selama sejam. Goreng 3/4 matang. Sisihkan.
4 kentang, kupas, potong 4 kemudian goreng hingga matang.
1 buah bawang bombay, potong bulat
2 buah tomat, potong 6
5 sdm saus tomat
1 sdt serbuk merica
2 gelas air / secukupnya
Garam dan gula secukupnya
Bumbu yang dihaluskan:
8 bawang bombay
4 siung bawang putih
5 sdm cabe kering blender ( bisa juga pakai cabe merah biasa sampai bumbu yang di blender berwarna merah, tapi nanti hasilnya tidak semerah pakai cabe kering blender ya )
9 cabe rawit / sesuai selera
Cara Membuat Ayam Masak Tomat:

Tumis bumbu halus hingga harum dan berminyak. Masukkan bawang bombay yang di potong bulat dan tomat. Tumis hingga layu, masukkan saus tomat. Aduk2 sebentar.
Masukkan air, didihkan. Masukkan ayam, kentang dan merica. Masak hingga kuah mengental / air menyusut sambil sesekali di aduk.
Masukkan garam dan gulan. Uji rasa. Kalau di rasa semua udah pas, angkat.
Hidangkan dengan nasi hangat

nawa
Nadhifah Azhar ; Bandung, 22 April 1998 ; Gunungkidul Yogyakarta ; [email protected] ; Hobbi : Travelling

Beri Komentar

Continue Reading

Trending