Dari Asam Lambung Hingga Stroke! Ternyata Ini 5 Penyakit Serius yang Bisa Kamu Alami Kalau Langsung Tidur Abis Sahur!

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Hayo, siapa diantara Kamu yang punya kebiasaan langsung tidur setelah sahur? Kalau iya, Kamu harus segera mengubah kebiasaan itu ya! Ternyata, nggak banyak yang tahu kalau langsung tidur setelah sahur bisa bikin Kamu mengidap banyak penyakit beresiko.

Kenapa bisa begitu? Karena setelah makanan masuk ke perut, lambung Kamu akan mencernanya menjadi sari-sari makanan yang kemudian diserap oleh tubuh untuk dijadikan energi. Nah, tapi karena sistem pencernaan tubuh butuh kurang lebih 2 jam buat mengolah makanan menjadi sari makanan, makanya kalau Kamu langsung tidur berarti seluruh fungsi tubuh Kamu akan dimatikan.

Read More

1. Tidur setelah sahur bisa bikin asam lambung Kamu naik lho..

Islami.co

Penyakit pertama yang beresiko Kamu alami kalau langsung tidur habis sahur adalah bisa bikin asam lambung Kamu naik. Kok bisa? Karena tidur setelah makan bisa membuat sistem pencernaan kesulitan mencerna makanan yang masuk. Kalau ini terjadi, lambung akan langsung meningkatkan produksi asam lambungnya.

2. Tidur abis sahur bisa bikin Kamu Stroke juga! Serem banget ya..

IDNTimes.com

Kalau tidur setelah makan, bisa bikin sistem pencernaan sulit untuk mencerna makanan. Kalau ini terjadi, berarti lambung Kamu membutuhkan asupan darah yang lebih banyak untuk memperlancar pekerjaannya. Sayangnya, meski Kamu tidur otak juga tetap butuh asupan darah yang stabil.

Nah makanya, suplai darah bisa lebih banyak menuju ke perut daripada otak, sehingga otak Kamu bisa kekurang oksigen. Kalau ini terjadi terus, lama-lama Kamu bisa stroke.

3. Nggak cuma bikin asam lambung naik, tidur abis sahur juga bisa bikin diare 🙁

www.cozer.id

Tidur setelah makan bisa melambatkan proses pencernaan, jadi makanan akan berada di perut Kamu dalam waktu yang terlalu lama. Nah timbunan makanan yang nggak kunjung dicerna ini bisa membuat Kamu diare.

4. Kalau Kamu nggak mau gemuk, hindari banget tidur setelah makan ya..

Kompasiana.com

Tidur setelah makan bisa meningkatkan resiko kegemukan sampai dua kali lipat! Ini karena kalau kita tidur makanan yang masuk ke perut nggak langsung dicerna oleh lambung. Jadi, kalori yang masuk dari makanan akan tersimpan dalam bentuk lemak.

5. Tidur abis makan juga bisa bikin Kamu kena GERD atau Refluks asam lambung 🙁

Kancyl.com

Penyakit ini adalah kelanjutan dari asam lambung Kamu yang naik terus-terusan. Biasanya asam lambung Kamu akan berubah menjadi GERD (gastroesophageal reflux disease) kalau terjadi lebih dari dua kali per minggu.

Makanya, kalau bisa setelah sahur mending melakukan kegiatan-kegiatan lain dulu dan jangan langsung tidur ya. Selain bisa menambah manfaat di bulan puasa, Kamu juga bisa terhindar dari banyakpenyakit beresiko 🙂

Related posts