Cuma Ada di Ramadhan, Ini Dia 4 Pasar Kaget Ramadhan yang Ada di Jogja Pas Banget Buat Tempat Ngabuburit!

  • Whatsapp

GIRLISME.COM- Kota Jogja identik dengan pelajar, di mana banyak mahasiswa merantau untuk menuntut ilmu di kota kecil ini. Mau tidak mau, banyak yang harus menghabiskan sebagian bulan puasa di tanah rantau. Tidak usah sedih, anda bisa tetap mendapatkan jajanan-jajanan khas yang hanya ada ketika bulan puasa saja di sini, seperti kolak, bubur sumsum, es kelapa muda, hingga buah kurma. Dimana lagi kalau bukan di tempat ngabuburit di Jogja langganan masyarakat, baik yang menunaikan ibadah puasa maupun yang sekedar ingin ikut euforianya saja.

1. Kampung Ramadhan Jogokaryan

Jangan kaget kalau anda melihat keramaian di kampung muslim ini menjelang ashar. Akan ada 200-an pedagang aktif menjual berbagai jenis takjil hingga pakaian muslim dan kebutuhan sholat. Sebut saja aneka jajanan pasar, mulai dari risol dan tahu bakso hingga jenis makanan lain yang hanya ada di bulan puasa saja, seperti kolak, aneka bubur manis, es tebu, dan setup buah-buahan.

2. Kampung Ramadhan Masjid Gede Kauman

Kampung Ramadhan ini sudah lama ada di Jogja, tepatnya sejak tahun 1973. Letaknya sangat dekat dengan pusat kota. Kalau anda datang dari arah 0 kilometer Jogja, anda hanya perlu berjalan kaki 10 menit saja ke arah barat hingga melewati Kantor Pos Pusat. Di Jl. K.H. Ahmad Dahlan ini, anda akan melihat gang ke arah selatan di seberang RS PKU Muhammadiyah yang meski kecil, namun padat dengan aneka takjil yang dijajakan selama Ramadhan.

3. Pasar Sore Lembah UGM

Tidak kalah ramainya, kawasan Universitas Gadjah Mada (UGM) juga selalu menarik minat masyarakat untuk berburu takjil. Tahun-tahun sebelumnya, di barat lembah UGM terdapat ratusan pedagang menjajakan takjil di sepanjang jalan. Namun, setelah relokasi pedagang diberlakukan sejak beberapa bulan lalu, agaknya pasar kaget di kawasan ini berpindah di sepanjang timur Masjid Kampus UGM dan di utara kawasan lembah, tepatnya di sepanjang Jalan Selokan menuju Fakultas Kedokteran Hewan.

4. Pasar Sore Ramadhan Jalur Gaza

Jangan merinding baca judulnya. Nama “jalur gaza” adalah singkatan dari “jajanan lauk-sayur gubuk ashar zerba ada.” Bukannya ngeri tapi terdengar lucu, ya. Pasar sore ini letaknya dekat dengan Masjid Mutohirin di sepanjang Jalan Nitikan, Yogyakarta. Di sini, terdapat banyak sekali gubug yang berisi pilihan menu buka puasa yang sudah pasti bikin buka puasa anda jadi menyenangkan.

Related posts