Cerita Derita Dibalik Es Krim Aice Yang Murah

  • Whatsapp

Girllisme.com– Sejak 2 November 2017, 644 orang buruh yang berjasa dalam memproduksi es krim ini melakukan mogok kerja. Mogok kerja akan dilakukan selama 15 hari hingga tanggal 16 November 2017.

Es Krim Aice yang sudah bisa dinikmati dengan harga Rp 2.000 sampai Rp 8.000 dan memiliki berbagai variasi rasa buah-buahan yang segar. Ternyata tidak memberikan hak yang seharusnya diterima oleh pekerjanya. PT Alpen Food Industry sebagai perusahaan yang membuat es krim Aice belum memberikan keterangan resminya, terkait kasus ini.

Berdasarkan siaran pers yang dikeluarkan oleh Serikat Buruh Demokratik Kerakyatan (SEDAR), keputusan untuk mogok kerja ini diambil setelah dua kali perundingan dengan pihak perusahaan mengalami jalan buntu. Dalam siaran persnya, disampaikan beberapa fakta ketidakadilan yang dialami para buruh di perusahaan yang beralamat di Jl. Selayar II Blok H No. 10, Telajung, Cikarang Bara

Pertama, semua buruh dikontrak serupa pekerja harian. Meski gaji pokok sebesar Rp 3,5 juta, namun terdapat potongan dengan perhitungan gaji pokok dibagi jumlah hari kerja. Pemotongan ini bahkan tetap berlaku jika buruh tidak hadir meskipun dengan alasan sakit.
Padahal UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dengan jelas menyatakan bahwa jika pekerja berhalangan karena sakit, upah haruslah tetap dibayarkan.

dikutip dari Kumpran.com

Related posts