Connect with us

Relationship

Cemas Berlebihan, Ujung-ujungnya jadi Overthinking?? Yuk Mulai Lakuin 4 Hal Sederhana Ini buat Balikin Mood dan Semangatmu!

Irma El-Mira

Published

on

Women's Therapy Institute

GIRLISME.COM – Anxiety atau rasa cemas seringnya datang menyerang, bikin hati nggak tenang dan bawaannya uring-uringan. Nah, ketika rasa ini hadir, yuk lakuin 4 hal ini buat ngebantu kamu balikin mood dan semangat!

1. Ungkapkan isi hatimu…entah dengan menulis atau bicara…

VerbalInk.com

Saat kamu sedang merasa cemas, galau dan mikir berlebihan, maka ngeluarin isi hati dan pikiranmu adalah cara yang baik buat bikin kamu ngerasa lebih lega dan ringan. Kamu bisa ngelakuin itu dengan cara bicara ke orang yang kamu percaya, sampaikan apa aja yang membuatkamu takut, khawatir dan kepikiran. Kalau misalnya kamu nggak punya teman dekat yang bisa bikin kamu cukup nyaman, maka kamu bisa mulai menulis diari. Keluarin isi hati dan kegalauan yang ada, tanpa takut ada orang lain yang akan membacanya.

Percaya…dan bagi bebanmu…

Kalau pada akhirnya kamu membutuhkan bantuan profesional, maka jangan segan ya buat datang dan melakukannya yaaa.

2. Kurangi racun-racun dari dunia media sosial…

HuffPost

Lakukan detox media sosial. Caranya? Batasi intensitas kamu menggunakan media sosial. Hapus aplikasi yang banyak berderet dan sisakan beberapa saja, yang paling penting buat terhubung dengan kerabatmu. Media sosial adalah hal yang bisa bikin kamu ngerasa makin khawatir, karena memungkinkan melihat banyak kehidupan orang, yang bisa bikin kamu ngerasa lebih kecil dan nggak cukup bermakna.

Pakailah sosial mediamu dengan bijak, kurangi mandang kehidupan orang, dan fokuslah bersyukur pada apa yang kamu miliki.

3. Lakuin lagi hobi-hobi kecintaanmu…

Vox.com

Hal apa aja yang paling suka kamu lakuin?

Olahraga? Nyanyi? Nari? Merajut? Nonton film? Bakti sosial?

Lakuin lagi, dan temuin rasa nyaman di dirimu. Lawan rasa khawatir itu dengan ngehabisin waktumu di hal-hal positif yang kamu sukai. Dengan begitu pikiranmu akan teralihkan dan dialokasikan ke hal-hal yang bisa bikin kamu senang.

4. Terima keadaanmu dan belajar buat ikhlas…

7-Themes.com

Hal lain yang bisa membantumu mengatasi rasa cemas berlebihan adalah dengan mengerti dirimu lebih baik. Terimalah bahwa kamu adalah seseorang dengan pikiran cemas berlebih, terima itu dan jujurlah pada dirimu sendiri. Jangan ditolak dan diingkari, tapi diterima dan coba buat diatasi. Tumbuhkan rasa ikhlas dalam dirimu, bahwa memang setiap kesulitan yang datang padamu, adalah tanda-tanda kemudahan yang akan melimpah juga.

 

Tiap kali kamu khawatir dan jadi overthinking, lakuin hal baik buat dirimu sendiri. Nggak perlu hal besar, cukup hal-hal sederhana…sesederhana makan makanan kesukaan dan mendengarkan musik kecintaanmu 🙂

Irma El-Mira
Irma El-Mira Husbuyanti ; Yogyakarta ; [email protected] ; Penulis Buku : The Secret Way of Choosing, Jatuh Bangun Mark Zuckerberg.
Irma El-Mira on InstagramIrma El-Mira on Twitter
[jr_instagram id="2"]

Beri Komentar

Trending