Connect with us

Smartnews

Bukan Tanpa Alasan, Ternyata Inilah Penyebab Harga BBM Harus Naik

Okti Sulisnia

Published

on

http://jogja.tribunnews.com

GIRLISME.COM – PT Pertamina (Persero) memutuskan untuk menyesuaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU mulai hari Rabu (10/10) dan berlaku di seluruh Indonesia pukul 11.00 WIB. Penyesuaian harga tersebut terjadi pada beberapa jenis BBM khususnya Pertamax Series dan Dex Series, serta Biosolar Non PSO.

Kenaikan harga tersebut tidak berlaku untuk daerah yang terkena bencana alam di Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah.

Kabarnya, penyesuaian harga BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex, dan Biosolar Non PSO merupakan dampak dari harga minyak mentah dunia yang terus merangkak naik dimana saat ini harga minyak dunia rata-rata menembus 80 dolar per barel, dimana penetapannya mengacu pada Permen ESDM No. 34 Tahun 2018 Perubahan Kelima Atas Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 39 Tahun 2014, Tentang Perhitungan Harga Jual Eceran BBM.

“Atas ketentuan tersebut, maka Pertamina menetapkan penyesuaian harga. Sebagai contoh di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, harga Pertamax Rp 10.400/liter, Pertamax Turbo Rp 12.250/liter, Pertamina Dex Rp 11.850/liter, Dexlite Rp 10.500/liter, dan Biosolar Non PSO Rp.9.800/liter,” demikian bunyi keterangan tertulis Pertamina, Selasa (10/10).

https://kumparan.com

Selain beberapa jenis BBM diatas, Menteri ESDM Ignasius Jonan sebelumnya juga mengumumkan bahwa harga BBM jenis Premium juga akan naik menjadi Rp 7.000 per liter. Namun kurang dari 1 jam setelah diumumkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar kenaikan harga Premium dievaluasi kembali.

“Sesuai arahan Bapak Presiden, rencana kenaikan harga Premium di Jamali menjadi Rp 7.000 per liter dan di luar jamali menjadi Rp 6.900 per liter agar ditunda dan dibahas ulang sambil menunggu kesiapan PT Pertamina” kata Kepala Biro KLIK Kementerian ESDM, Agung Pribadi, dalam keterangan tertulis, Selasa (10/10).

Agung menambahkan bahwa belum diketahui sampai kapan kenaikan harga Premium ini ditunda. Pemerintah akan mencermati kembali kenaikan harga minyak.

“Belum tahu, kita lihat dulu perkembangan harga minyak dan kesiapan Pertamina,” ujarnya.

Sehingga, sampai berita ini dikeluarkan harga BBM jenis Premium, Biosolar PSO dan Pertalite tidak naik.

Pertamina menyatakan, harga yang ditetapkan ini masih lebih kompetitif dibandingkan dengan harga jual di SPBU lain. Harga yang ditetapkan untuk wilayah lainnya dapat dilihat melalui website Pertamina: https://www.pertamina.com/id/news-room/announcement/.

Okti Sulisnia
Content Writer, Books Enthusiast, Public Relations
[jr_instagram id="2"]

Beri Komentar

Trending