Connect with us

Girls and Food

Buat Ngiler, Ini Dia 4 Olahan Alpukat yang Enak Nan Sehat!

nawa

Published

on

GIRLISME.COM- Alpukat tak hanya mengandung berbagai vitamin dan mineral, tapi juga mengandung protein tinggi dan rendah lemak. Ini membuat alpukat bisa kamu sisipkan ke dalam menu makanmu dengan mudah. Walaupun sudah enak dikonsumsi mentah-mentah, alpukat bisa dimasak dan bahkan menjadi pengganti mentega untuk setiap kue lho. Nah ini dia nih 4 olahan dari alpukat.

1.Avocado and Egg in a Hole.

Cocok banget nih dijadiin bahan buat sarapan kamu sama keluarga. Selain menyehatkan, rasanya pun enak banget. Pas banget deh! Ini nih resepnya kalau kamu ingin mencoba bikin.

Bahan-bahan:

  • 2 buah roti tawar
  • 2 butir telur
  • 1/4 buah alpukat
  • Mentega
  • 1/4 cangkir keju cheddar parut

Cara membuat:

  1. Iris alpukat tipis.
  2. Olesi roti tawar dengan mentega. Lubangi tengah roti agar muat untuk diisi telur. Tempatkan roti pada wajan anti lengket.
  3. Masukkan telur ke tengah roti, letakkan alpukat ke sekeliling telur, taburkan garam dan lada.
  4. Nyalakan kompor dan panggang roti. Balik perlahan-lahan ketika dirasa telur sudah cukup matang.
  5. Taburkan keju.

2.Avocado Chocolate Mousse

Buat pecinta dessert, pasti ngiler nih sama makanan satu ini. Selain cantik, dia juga menyehatkan pastinya. Cobain deh nyoba di rumah yuk!

Bahan-bahan:

  • 2 buah alpukat
  • 90 gram agave nectar
  • 40 gram bubuk kakao mentah
  • 2 sendok makan susu almond tanpa gula
  • 1/2 sendok teh ekstrak almond
  • 1/2 sendok teh bubuk chia

Instruksi:

  • Ambil daging buah alpukat kemudian proses dengan menggunakan blender
  • Tambahkan susu almond, bubuk chia, agave nectar dan ekstrak almond
  • Kocok selama satu menit atau sampai semua bahan menjadi halus
  • Icipi adonan dan jika dibutuhkan tambahkan agave nectar
  • Ambil dan bentuk avocado chocolate mousse ke dalam gelas cantik atau cetakan kue kertas
  • Dinginkan selama 30 menit sebelum disajikan

3.Avocado Devil Eggs.

Kelihatan banget enaknya kan Smartgirl? Ini gampang banget loh kalau mau dipraktekkin di rumah, kamu tinggal nyiapin bahan-bahan sederhana di bawah ini.

Bahan-bahan:

  • 3 telur rebus, potong jadi dua
  • 1 alpukat, hancurkan
  • 2 sdt air jeruk nipis
  • 1 sdt daun kucai
  • Garam, lada, dan bubuk bawang putih

Cara membuat:

  1. Ambil kuning telur dan sisihkan.
  2. Campurkan kuning telur dengan alpukat yang telah dihancurkan.
  3. Tambahkan dengan sisa bahan-bahan lainnya.
  4. Tuang adonan alpukat ke atas putih telur.

4.Prosciutto Wrapped Avocado With Goat Cheese

Resep ini menggunakan daging babi namun kamu juga bisa menggantinya dengan irisan daging sapi jika ingin menyesuaikannya.

Bahan-bahan:

  • 4 alpukat kupas, ambil dagingnya belah 2
  • 1 sendok makan lemon or lime juice
  • 2 ons keju kambing
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica
  • 1 sendok teh bubuk cabai
  • 1 ons potongan prosciutto (daging babi Italia)

Instruksi:

  • Potong daging alpukat menjadi 6-8 bagian, taruh ke dalam mangkuk dan tuangkan lemon juice
  • Isi bagian tengah alpukat dengan 1/4 atau 1/2 sendok teh keju kambing
  • Taburkan garam, merica dan bubuk cabai
  • Lapisi potongan alpukat tadi dengan prosciutto dan sajikan

nawa
Nadhifah Azhar ; Bandung, 22 April 1998 ; Gunungkidul Yogyakarta ; [email protected] ; Hobbi : Travelling

Beri Komentar

Continue Reading
Advertisement

Girls and Food

Ternyata 4 Jajanan Lezat Ini Masaknya Bisa Pake Teflon, Ngga Harus Diangetin Pake Oven. Ah Love Banget Deh!

nawa

Published

on

By

GIRLISME.COM- Buat Kamu yang ngga punya oven di rumah, pasti terkadang bingung nih gimana caranya buat kue tanpa oven? Padahal oven salah satu peralatan wajib yang Kamu punya semisal mau buat kue.

Sebenarnya Smartgirl ngga perlu khawatir, karena tanpa oven pun, kamu tetep bisa mengolah makanan atau kue. Oven bisa kamu ganti menggunakan teflon. Mau tahu makanan apa saja? Yuk intip sama sama yak!

1. Menu sarapan favorit ala Amerika alias pancake cuma dimasak pakai teflon lo. Bahkan sudah ada tepung pancake siap olah biar kamu nggak lagi kerepotan bikin adonannya.

Yap, pancake ini emang bahan bahannya udah ada yang instan, tinggal campur dengan air jadi dan langsung aja masak diatas teflon. Tadaa jadi deh sarapan kamu!

2. Kalau pengen ngemil martabak manis nggak perlu beli di abang-abang, orang bikinnya gampang. Siapkan teflon dan adonannya saja.

Smartgirl ngga usah deh beli beli martabak di jalanan itu, udah bikin aja sendiri. Lagian gampang loh, kamu bisa memasaknya di teflon, adonannya kurang lebih sama seperti adonan pancake.

3. Nggak harus ke Bali buat beli pai susu atau pergi ke kafe kekinian buat beli pai apel, tanpa mixer dan oven, kamu bisa olah sendiri pakai teflon!

Siapa nih penggemar berat pie susu? Udah buat aja sendiri di rumah, ternyata gampang banget! Masaknya juga ga ribet, ngga perlu pake oven, kamu bisa kok cuma pake teflon aja!

4. Brownies nggak cuma bisa dioven atau dikukus saja, dimasak pakai teflon pun nggak kalah rasanya.

Ngga kalah gurih dan renyah, brownies kering yang diolah dengan oven ternyata rasanya enak enak aja! Smartgirl wajib sih nyobain cara memasak ini dirumah!

nawa
Nadhifah Azhar ; Bandung, 22 April 1998 ; Gunungkidul Yogyakarta ; [email protected] ; Hobbi : Travelling

Beri Komentar

Continue Reading

Girls and Food

Smartgirl Ini Dia 4 Olahan dari Ayam yang Sekali Masak Bisa Disantap Saat Berbuka Sekaligus Sahur!

nawa

Published

on

By

GIRLISME.COM- Saat Sahur atau Berbuka Puasa di Bulan Ramadhan terkadang bingung menentukan menu makanan dengan bahan dasar daging ayam. Berikut 4 Resep Menu masakan rumahan yang enak dengan bahan dasar ayam yang diharapkan dapat menambah selera makan disaat sahur ataupun berbuka puasa. Bisa kamu angetin juga, jadi tinggal sekali mas deh!

1. SAYAP AYAM GORENG MADU SAUS BARBEQU

Bahan dan bumbu:
1 kg sayap ayam, buang ujungnya dan potong 2
5 sdm saus barbequ, secukupnya
1-2 sdm madu, secukupnya
Garam ( kalau perlu saja )
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ayam
Campur hingga rata:
1 gelas tepung
1 sdm garam, secukupnyasa
1 sdm lada putih / merica serbuk ( bisa pakai lada hitam )
Kaldu bubuk ayam sedikit saja ( boleh di skip )
Cara Membuat Sayap Ayam Goreng Madu Saus Barbequ::
Campur ayam dengan tepung, aduk rata kemudian goreng ayam sampai warnanya kekuningan, jangan terlalu kerin.
Panaskan saus barbequ dan madu, campur rata. icipi, kalau di rasa kurang asin ya tambahin garam. Masukkan ayam yang udah di goreng tadi, aduk hingga rata. Angkat.
Sayap Ayam Goreng Madu Saus Barbequ siap dihidangkan.

2. RESEP AYAM GORENG MENTEGA

Bahan:
1/2 ekor ayam, potong ukuran sederhana kecil
Minyak untuk menggoreng
2 sdm margarin
Bumbu:
4-5 siung bawang putih, cincang halus
1 buah bawang bombay, iris
3 cm jahe memarkan
3 sendok makan saus tiram
3 sendok makan kicap manis
3 sendok makan saus cabe pedas manis
1 sendok teh merica bubuk
Kecap asin secukupnya ( pengganti garam )
Royco/ masako ayam secukupnya
2 gelas air
1/2 biji paprika merah/ kuning/ hijau potong2 segitiga/ sesuai selera
1 batang daun bawang besar, iris serong
1 sendok teh maizena/ tepung jagung campur dengan 1 sendok makan air.
Cara Membuat Ayam Goreng ur aMentega:
Panaskan minyak goreng, goreng ayam hingga matang tapi jangan terlalu kering, angkat.
Panaskan 5 sendok makan minyak sisa menggoreng bersama margarin, tumis bawang putih, bawang bombay dan jahe hingga harum.
Masukkan saus tiram, kecap asin, kecap manis, saus cabe, merica, garam, aduk rata. Masukkan air, didihkan.
Masukkan ayam. Aduk rata dan biarkan bumbu menyusut. Tambahkan paprika, aduk hingga layu.
Masukkan larutan tepung maizena, aduk rata. Masukkan daun bawang, aduk sebentar. Angkat.
Ayam Goreng Mentega siap disajikan.

3. RESEP AYAM BUMBU ASAM PEDAS

Bahan-bahan
1 ekor ayam (dipotong kecil)
1 batang serai (di geprek )
Daun kesum secukupnya
Sekuntum bunga kantan (dibelah 5)
Air asam jawa (50gm asam jawa + segelas air)
3 gelas air
Sedikit lada hitam – tumbuk kasar
Garam secukup rasa
Royco ayam secukupnya
Minyak untuk menumis
Bumbu yang dihaluskan:
35 tangkai cabe kering (gunting, rendam dan toskan), saya pakai cabe segar, takarannya sampai bumbu yg di blender berwarna merah
7 ulas bawang merah
5 ulas bawang putih
1 inci kunyit
1 inci halia
1 sendok makan terasiu berbuka
Cara Membuat Ayam Bumbu Asam pedas:
Panaskan minyak. Tumis bahan-bahan yang blender bersama serai sehingga garing / kering dan keluar minyak.
Masukkan ayam, bunga kantan, daun kesum, lada hitam dan air asam jawa. Aduk rata dan tutup kuali sehingga ayam agak mengecut.
Tambahkan air secukupnya.
Akhir sekali, tutup kuali dan tunggu sehingga ayam empuk serta mendapat kepekatan / kekentalan kuah asam pedas yang ideal. Jangan lupa masukkan garam dan royco ( boleh di tambahkan gula kalau mau ).
Boleh lah diangkat dan dihidangkan dengan nasi putih atau dicicah saja dengan roti putih.

4. RESEP AYAM MASAK TOMAT

Bahan dan bumbu:as
1 kor ayam, potong ukuran sedang kemudian lumuri dengan 1 sdt serbuk kunyit dan 2 sdt garam, biarkan selama sejam. Goreng 3/4 matang. Sisihkan.
4 kentang, kupas, potong 4 kemudian goreng hingga matang.
1 buah bawang bombay, potong bulat
2 buah tomat, potong 6
5 sdm saus tomat
1 sdt serbuk merica
2 gelas air / secukupnya
Garam dan gula secukupnya
Bumbu yang dihaluskan:
8 bawang bombay
4 siung bawang putih
5 sdm cabe kering blender ( bisa juga pakai cabe merah biasa sampai bumbu yang di blender berwarna merah, tapi nanti hasilnya tidak semerah pakai cabe kering blender ya )
9 cabe rawit / sesuai selera
Cara Membuat Ayam Masak Tomat:

Tumis bumbu halus hingga harum dan berminyak. Masukkan bawang bombay yang di potong bulat dan tomat. Tumis hingga layu, masukkan saus tomat. Aduk2 sebentar.
Masukkan air, didihkan. Masukkan ayam, kentang dan merica. Masak hingga kuah mengental / air menyusut sambil sesekali di aduk.
Masukkan garam dan gulan. Uji rasa. Kalau di rasa semua udah pas, angkat.
Hidangkan dengan nasi hangat

nawa
Nadhifah Azhar ; Bandung, 22 April 1998 ; Gunungkidul Yogyakarta ; [email protected] ; Hobbi : Travelling

Beri Komentar

Continue Reading

Trending