Bosen Makan Makanan yang Itu-Itu Aja? Yuk Cobain 3 Kuliner Khas Serambi Mekkah Ini, Dijamin Bikin Lidah Bergoyang!

  • Whatsapp

Kuliner Aceh adalah salah satu kuliner Indonesia yang terenak dan punya cita rasa yang sangat khas. Bumbu-bumbu rempahnya begitu kuat dan beragam. Sehingga membuat penikmatnya ketagihan dan tak pernah lupa dengan aroma sekaligus rasa dari masakan khas Serambi Mekah ini.

Saking populernya kuliner dari Aceh ini, hampir di berbagai kota besar di Indonesia kita bisa menemukan rumah makan yang menjual masakan khas Aceh. Nah, sekarang kita bahas yuk, apa saja kuliner tradisional Aceh yang wajib SmartGirl tahu dan wajib untuk kamu masukkan daftar menu makanan!

Read More

1.Siap-siap lidah Kamu digoyang, jika mencicipi sate Matang khas dari Aceh ini.

copyright by job-like.com

Kalau SmartGirl sedang berkunjung ke Aceh, SmartGirl akan dengan mudahnya menemukan menu kuliner yang satu ini. Sate Matang adalah hidangan yang cukup populer di Aceh, dan hampir di setiap sudut jalan kamu akan menemukan para penjual sate matang.

Sate ini dinamakan sate matang karena berasal dari daerah Matang di Kabupaten Bireuen Aceh. Sate Matang ini tidak seperti sate pada umumnya yang dibakar lalu diberi bumbu kecap dan saus kacang, lho. Sate matang justru disajikan dengan cara disiram dengan kuah soto yang gurih.

2.Terkenal karena pedasnya, Mie Aceh menjadi makanan favorit semua orang, bukan hanya orang Aceh saja! You must try!

copyright by http://annisa-syarifudin.blogspot.co.id

Mie Aceh adalah masakan mie pedas dengan irisan daging sapi, daging kambing atau makanan laut seperti udang dan cumi. Pada dasarnya Mie Aceh biasa di sajikan dalan sup kari yang gurih dan pedas. Nama Mie Aceh di ambil dari daerah asalnya yaitu Aceh, karena cita rasanya yang khas berbeda dengan masakan mie yang ada di Indonesia.

Dalam proses pembuatannya, Mie Aceh menggunakan mie yang khas dengan bentuk yang tebal dan pipih. Tidak seperti mie yang lainnya, warna Mie Aceh cenderung berwarna kuning cerah, sehingga menambah keindahan pada hidangan tersebut. Bumbu yang di gunakan adalah bumbu semacam kari yang merupakan bumbu khas yang memberikan cita rasa khas pula dalam sajian kuliner satu ini.

Dalam penyajiannya, Mie Aceh di sajikan dalam tiga macam yaitu mie goreng ( kering ), mie kuah dan mie goreng basah. Untuk daging yang di gunakan bisa di sesuaikan dengan selera kita, karena tidak mengurangi cita rasa dan kelezatan mie tersebut. Menu pelengkap dalam penyajian Mie Aceh biasanya bisa ditambahkan bawang goreng, kerupuk, mentimun, dan juga jeruk nipis.

3.Selain disajikan dengan tampilan yang Unik, ternyata rasa dari Ayam Tangkap juga menggoyang lidah loh Girlss ..

copyright by duniakuliner.net

Ayam Tangkap adalah salah satu makanan tradisional yang berasal dari daerah Aceh. Makanan satu ini terbuat dari bahan dasar daging ayam, yang dimasak serta digoreng dengan bumbu khusus dan disajikan bersama dengan daun-daunan yang renyah. Secara penampilan, Ayam Tangkap ini cukup unik dan berbeda dengan sajian ayam goreng lainnya. Namun dalam segi rasa, Ayam Tangkap juga memiliki cita rasa yang khas, sehingga menjadi salah satu makanan favorit bagi masyarakat Aceh maupun para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Keunikan Ayam Tangkap ini sangat terlihat dari segi penyajiannya. Dalam penyajiannya, ayam goreng tersebut disajikan dengan daun-daunan seperti daun temurui dan daun pandan yang dirajang kasar serta digoreng renyah. Apabila kita cicipi daun renyah tersebut, pertama kali akan terasa aneh, namun apabila dipadukan dengan ayam goreng, maka akan menghasilkan cita rasa yang khas dan nikmat. Rasanya yang khas itulah yang menjadi salah satu keistimewaan dari Ayam Tangkap ini.

Related posts