Bosan Sama Tampilan Jurnal yang Itu-itu Aja? Mending Coba 7 Ide Bullet Journal Ini Yuk Smartgirl!

  • Whatsapp

Pernah nggak sih kamu merasa bosan sama tampilan buku agenda yang gitu-gitu aja?

Apalagi kalau buku agenda itu biasanya kamu pakai buat nulis daftar kegiatan, catatan-catatan penting, dan bahkan bikin tulisan-tulisan pribadi, pastinya tampilan yang itu lagi-itu lagi bakalan bikin nggak semangat ya?

Read More

Don’t worry be happy Smartgirl! Solusi buat bikin tampilan buku agendamu jadi beda dan nggak ngebosenin adalah dengan menyulapnya jadi bullet journal! Tapi, bullet journal itu kaya gimana sih? Yuk cek 7 cara bikin bullet journal yang super keren di bawah ini!

1. Tampilan floral minimalis yang manis!

instagram.com/feebujo

Kalau kamu nggak suka bikin bullet journal yang kesannya terlalu penuh, kamu bisa nyoba bikin dengan tampilan yang simpel nih Smartgirl, yaitu dengan menggunakan corak  gambar floral di bagian atasnya. Supaya lebih manis, kamu juga bisa nambahin warna-warna di gambar floral tersebut, sehingga kesannya jadi lebih natural. Nah karena sudah pakai corak floral dan warna, supaya nggak terlalu penuh, di halamannya kamu cukup tulisin to-do list kamu selama satu hari aja per lembarnya.

2. Bikin kesan beda dengan aksesoris foto polaroid!

instagram.com/raragocrafty

Selain buat mencatat to-do list, kamu juga bisa mendesain bullet journalmu menjadi diary, dengan nambahin aksesoris foto polaroid lho. Kamu bisa menghiasnya dengan menempelkan beberapa foto dari momen-momen berharga kamu yang dicetak dalam bentuk polaroid. Setelahnya kamu tinggal taruh catatan khusus dan tanggal momen tersebut terjadi. Kamu bukan hanya bisa nambahin foto dari momen yang udah kejadian ya, bakal lebih seru lagi kalau misalnya kamu taruh foto-foto menarik yang berhubungan sama resolusimu di masa depan. Misalnya destinasi impian kamu, cita-cita, atau barang-barang yang kamu pingin!

3. Yuk coba pakai desain sketsa!

instagram.com/bumblebujo

Kalau kamu suka menggambar, kamu bisa nih nambahin sketsa atau gambar apa pun yang ditaruh di tengah bullet journal sebagai pusat perhatian dari halaman yang pingin kamu isi. Lalu, kamu bisa tulis dengan singkat rencana kegiatan sehari-hari kamu di sekitar gambar tersebut. Dalam satu halaman, kamu bisa mengisi daftar tersebut buat periode tertentu, misalnya buat waktu satu minggu. Dan di salah satu bagiannya, jangan lupa sisakan spasi buat nulis tanggal atau kalender bulanan yang bisa kamu tandai ya!

4. Bullet journal bentuk diagram yang menggemaskan!

instagram.com/bulletbyjulia

Kamu sedang mencoba kebiasaan baru? Nah, kamu bisa jadiin bullet journal dengan desain diagram untuk melihat perkembangan hobi dan kegiatan barumu itu lho, misalnya kebiasaan olahraga, kegiatan ekstrakulikuler dan lain-lain. Biar makin komplit kamu juga bisa nambahin mood tracker ataupun productivity tracker.

Diagram dalam bullet journal biasa dibuat dalam bentuk lingkaran, kotak, garis-garis yang membentuk grafik, atau dalam variasi bentuk lain. Di sana kamu bisa nulis tanggal dan periode yang kamu mau. Kamu juga bisa nambahin warna di tanggal-tanggal yang ada dalam diagram tersebut ya!

5. Usir tampilan ngebosenin pakai sticky note yuk!

instagram.com/studywithinspo

Menggambar di sticky notes berwarna juga bisa bikin tampilan bullet journal lebih menarik lho Smartgirl! Di satu halaman, kamu bisa pilih satu atau beberapa warna kertas yang senada, khususnya kalau kamu pingin ngisi bullet journal buat musim tertentu, misalnya warna jingga yang identik sama musim gugur, atau warna biru buat musim hujan. Lalu di halaman bullet journal tersebut juga bisa ditambahin hiasan dari washi tape bermotif atau tulisan quotes sederhana.

6. Nggak bakal bosan nge-jurnal kalau pakai desain kartun!

instagram.com/gentleandruthless

Kamu suka ngegambar kartun? Nah, bisa nih kamu bikin semarak bullet journalmu dengan nambahin beberapa doodle atau karakter kartun. Untuk pemisah antara daftar yang satu dan lainnya, kamu bisa buatkan kolom-kolom sendiri, baru setelahnya kamu tambahkan desain kartun kesukaanmu, di bagian halaman yang masih belum terisi.

7. Desain dengan tulisan sederhana yang bikin bahagia!

instagram.com/nikkiinwanderland

Kalau kamu memang mau lebih fokus pada isi tulisanmu, dan nggak pengen tampilan yang ramai atau menghias terlalu banyak, maka kamu tinggal menulis seperti biasa, dan bagoin pinggir dari kertanya nanti kamu tambahkan aksen floral, tumbuhan, quote, atau bisa juga sticker.

Itu dia 7 ide unik buat mendesain bullet journalmu ya Smartgirl! Kamu bisa pilih salah satu, tapi dikombinasikan sesuai mood kamu juga boleh lho. Nah, jadinya kamu rencananya mau bikin desain yang mana nih? 🙂

Written by : Zahra Suci Nurfatihah

Edited by : Irma El-Mira

Related posts