Connect with us

Katamama

Bipolar Itu Masih Jarang Terjadi Kok! Itu Mitos Lho Girls! Faktanya Bipolar Sudah Sering Terjadi, Ini Penjelasannya…

Syifa R Dewi

Published

on

ilustrated by Amalia Tri Hapsari

GIRLISME.COM — Bipolar Disorder (gangguan bipolar) sudah tidak terlalu asing di Indonesia. Penyakit ini menjadi dikenal publik semenjak mencuatnya kasus artis Marshanda yang didiagnosis penyakit gangguan bipolar beberapa tahun yang lalu. Gangguan Bipolar adalah kondisi mental yang menyebabkan perubahan mood yang ekstrem. Gangguan ini dapat muncul saat seseorang dari remaja beranjak ke dewasa, kebanyakan kasus ini memang diderita orang seseorang dibawah 25 tahun. Nah Smartgirl, beberapa hal dibawah ini menjelaskan mitos dan fakta tentang orang yang mengalami gangguan bipolar. Simak ya!

 “I realized that Bipolar Disorder may be a part of my life, but it isn’t who I am”

-Demi Lovato-

1. Orang masih banyak yang menganggap bahwa gangguan bipolar ini jarang terjadi lho!

Sayangnya diluar sana orang banyak menganggap hal itu benar, padahal sebenarnya tidak benar alias mitos. Gangguan bipolar ternyata cukup sering terjadi. Menurut penelitian yang ada, satu dari 100 orang memungkinkan untuk terkena gangguan mental ini. Hampir kebanyakan orang yang mengalami hal ini pada awalnya didiagnosis depresi.

2. Katanya orang dengan gangguan bipolar hanya mengalami perubahan suasana hati aja nggak yang lain!

Smartgirl ternyata orang yang mengalami gangguan bipolar mengalami suasana hati yang lebih parah. Tidak hanya soal bagaimana suasana hatinya, namun dia juga bisa mengalami delusi, halusinasi, perubahan pemikiran yang ekstrem, memikirkan untuk bunuh diri, dan hal lainnya.

3. Orang yang memiliki gangguan bipolar memiliki perasaan positif yang akan membuatnya bahagia..

Padahal hal itu sebenarnya mitos lho Smartgirl, menurut peneliti bernama Dr Sarkhel suasana hati yang senang itu justru pengalamannya terdistorsi. Pada kenyataannya itu jauh menyedihkan daripada saat orang mengalami depresi karena gangguannya sebenarnya lebih parah daripada gangguan mood yang tidak stabil.

Nah Smartgirl itu sejenak fakta dan mitos tentang gangguan bipolar. Siapapun dan diusia berapapun sangat memungkinkan untuk mengalami hal ini. Jadi ada baiknya ketika kita merasa ada yang salah dalam diri kita segera cari tau dan berusaha menanganinya bersama ahli agar kamu tidak merasa sendirian dan mengembangkan perasaan negatif dalam diri kamu. Semoga bermanfaat 🙂

Syifa R Dewi
Yogyakarta; [email protected]; Repoter; Content Writer; Announcer
Syifa R Dewi on Instagram
[jr_instagram id="2"]

Beri Komentar

Trending