Belum Punya Stock Foto yang Bagus Buat di Instagram? Yuk Liburan ke Pulau Mentawai Aja!

  • Whatsapp

Buat kamu yang masih bingung mencari destinasi liburan, Kepulauan Mentawai boleh banget loh kamu jadikan daftar destinasi wisata pilihan kamu. Apalagi Mentawai cocok banget buat kamu yang pengen girl’s trip bareng sahabat atau honeymoon.Yap, kepulauan di perairan Samudera Hindia ini berada di Provinsi Sumatera Barat, girls. Jadi, kalau kamu yang mau mampir ke Padang dan sekitarnya, gak ada salahnya lanjutin perjalanan ke kepulauan eksotis nan cantik ini, smartgirls. Kepulauan Mentawai punya banyak pulau – pulau cantik dengan pemandangan laut yang menggoda plus ombak pantai yang oke punya buat surfing. Makanya Pulau Mentawai jadi sasaran favorit turis.Buat kamu yang penasaran, simak yuk apa aja yang bisa kamu temui di Kepulauan Mentawai!

1.Wisata Alam yang Eksotis

copyright by thepostpresident.com

Read More

Kepulauan Mentawai terdiri dari 4 pulau utama yang punya pantai – pantai cantik, girls. Mulai dari Pulau Sipora, Siberut, Pagai Utara dan Selatan. Pulau Sipora punya banyak pantai dan pulau – pulau kecil yang cantik loh girls. Mulai dari air terjun Kulu Kubuk, Pantai Mapaddegat di Tuapeijat ibukotanya Kepulauan Mentawai, Pulau Awera, Pulau Karamajat, Pantai Sigoiso Oinan, Pantai Makakang, Pulau Masilok di Siberut, hingga pantai Katiet di Sipora Selatan. Pantai Katiet ini punya ketinggian ombak 3-4 meter loh girls. Bahkan, di Pantai Katiet ini dijadikan tuan rumah kompetisi surfing se Asia dan berencana jadi tuan rumah kompetisi surfing kelas profesional di tahun 2019. Makanya pulau – pulau di Sipora dan pulau lainnya ini populer banget di kalangan turis asing plus surga bagi peselancar dunia. Untuk bisa sampai ke pulau – pulau kecil yang cantik ini kamu harus menggunakan speedboat yang disediakan oleh penduduk setempat. Di pantai – pantai dengan pasir putih itu kamu juga bisa menyaksikan momen sunset yang cantik. Pemandangan laut dan gugusan – gugusan pulau cantik bisa kamu temui sepanjang perjalanan dari satu pulau ke pulau lain loh girls. Biasanya harga kapal antar Bahkan kamu bisa menyaksikan pemandangan karang – karang indah dengan gradasi warna laut yang mempesona. Atau kalau kamu beruntung, kamu juga akan ketemu lumba – lumba dan ikan terbang di perairan menuju pulau Siberut. Di Mentawai juga ada banyak pilihan penginapan dari homestay hingga resort di sekitar pantai dan pulaunya. Dan, Mentawai juga masih banyak menyimpan pulau – pulau perawan plus kamu bisa menginap di pondok atau rumah kecil milik penduduk yang bikin kamu berasa lagi di pulau pribadi,girls!

2.Wisata Budaya yang Unik

copyright by asworldivide.com

Kepulauan Mentawai sebagian besar dihuni oleh masyarakat asli suku Mentawai, girls. Masyarakat asli suku Mentawai ini terkenal dengan budayanya yang unik bisa kamu temui di desa – desa Pulau Siberut. Kebudayaan suku Mentawai dikenal dengan nama Arat Sabulungan yang berpedoman pada keyakinan animisme yang dilestarikan oleh Sikerei (dukun dalam adat Mentawai) girls. Sikerei dan beberapa masyarakat Mentawai masih menggunakan cara hidup yang tradisonal, seperti masih tinggal di rumah unik mereka yang dinamai uma, girls. Sikerei ini berfungsi sebagai tabib dan memimpin ritual – ritual adat dengan pakaian khas mereka yang namanya Kabit, girls. Sikerei dan istrinya punya ciri khas tato di sekujur tubuhnya plus menggunakan aksesoris yang terbuat dari rotan, manik – manik, kembang sepatu dan tanaman lainnya. Sikerei ini menggunakan tanaman – tanaman hutan dengan mantra atau doa – doa  sebagai obat herbal saat mengobati pasiennya girls. Dalam upacara adat, sikerei biasanya akan menari tarian khasnya mereka yang menggambarkan hewan – hewan seperti monyet, burung, seperti tarian Turuk Laggai. Nah, kalau kamu berkunjung ke desa – desa Siberut seperti Desa Muntei, Maileppet kamu bisa liat secara langsung tarian Sikerei saat upacara adat di masyarakat setempat, girls. Kalau kamu ingin coba pengalaman berbeda, kamu bisa berkunjung dan menginap di uma sikerei di desa pedalaman Siberut Selatan seperti desa Buttui, Matotonan, atau Sakuddei. Di dalam uma kamu akan menemukan tengkorak kepala hewan – hewan hasil buruan pemilik rumah. Kamu akan dapetin pengalaman berbeda saat tinggal dengan mereka girls. Coba makan makanan pokok mereka seperti sagu bakar, keladi, makan daging hewan dari hasil buruan mereka yang menggunakan panah dan racun tradisional. Dan makanan khas mereka yang gak kalah enak, ulat sagu bakar atau dalam bahasa Mentawai, batra. Atau kamu juga bisa ikut berburu ke hutan dan mengolah sagu secara tradisional bersama mereka, girls. Untuk bisa sampai ke desa pedalaman Siberut, kamu bisa jalan kaki selama 7 jam atau naik perahu (pompong) dari Desa Muntei, girls. Masyarakat desa-desa pedalaman Siberut sangat ramah, makanya udah jadi hal yang lumrah kalo turis menginap di rumah – rumah mereka. Soal oleh – oleh ada banyak pilihan girls, mulai dari gelang rotan dan batang daun paku (Letcu), kalung dan ikat kepala manik – manik Sikerei, sampai panah tradisional seperti yang dipakai oleh Sikerei bisa kamu bawa pulang.

Nah, gimana tertarik untuk menjelajah ke Mentawai?? Mentawai komplit banget buat liburan kamu yang hidden paradise addicted sekaligus pengen dapet pengalaman yang menarik. Yuk ajak sahabat atau pasangan kamu menjelajah ke pulau eksotis nan cantik ini. Selamat berlibur, girls!!!

Related posts