Connect with us

Smartbeauty

Anak Susah Makan Sayur?? Akali Pakai 4 Cara Ini Aja Mom, Pasti Berhasil!

Irma El-Mira

Published

on

Beyond Organic Baby

GIRLISME.COM – Anak yang susah makan sayur kayanya masalah lumrah ibu-ibu ya. Harus muter otak tujuh keliling agar ketemu cara yang pas membujuk anak supaya makan sayur. Nah, kalau 4 cara ini Mom sudah coba belum??

 

1. Jadi role model yang tepat…

myfooddiary.com

Tahap pertama dalam mengajarkan anak makan sayur adalah dengan mencontohkannya setiap hari. Anak-anak yang terbiasa melihat orangtuanya menginsumsi sayuran tidak akan merasa asing terhadap hijau-hijauan. Mencontohkan anak makan sayur adalah salah satu cara mengedukasi si kecil bahwa sayur adalah makanan enak yang tidak berbahaya. Bahkan kalau orangtuanya doyan makan sayur, anak akan mengerti bahwa sayur adalah makanan yang enak, bukan sesuatu yang harus ditakutkan.

 

2. Sediakan jangan hanya satu jenis sayuran…

BEBEZCLUB.com

Cara selanjutnya buat membiasakan si kecil akan sayuran adalah dengan menyediakan beberapa jenis sayuran. Misalnya berikan pilihan sayuran warna-warni layaknya brokoli, wortel, kentang, tomat, kangkung dan bayam, serta kacang-kacangan. Agar anak tidak merasa jenuh dan bosan duluan dengan menu sayur yang itu-itu saja. Jenis sayuran baru akan meningkatkan semangat dan rasa penasaran si kecil buat mencobanya.

 

3. Kreasikan masakan sayuran, untuk menimbulkan semangat makan…

healthyeatinghub.com.au

Masakan sayuran bisa dikreasikan menjadi berbagai macam bentuk masakan ya Mom. Mulai dari sayuran kukus, tumis, campuran nasi goreng, diberikan sambal pedas manis, dan sebagainya. Kreasikan juga bentuk sayuran menjadi bentuk unik dan lucu, sehingga anak tidak merasa takut duluan melihatnya. Buatlah bentuk kecil yang bisa sekali suap.

 

4. Menjelaskan kegunaan sayuran…

Mirror.co.uk

Menerangkan pada anak bahwa sayuran memiliki banyak manfaat adalah cara selanjutnya untuk membuat mereka menyukai sayur. Tiap kali Mom makan sayur, bisa sambil jelaskan apda anak, sekaligus untuk mengenalkan ragam sayuran kepadanya. Bisa juga dengan memperlihatkan anak macam sayuran, dan kemudian memintanya untuk memilih menu sehat mana yang ingin dia coba. Keterlibatan anak dalam hal ini penting agar dia tidak merasa anti terhadap sayur.

 

5. Memberikan pujian pada aktiftas makan sayur anak…

eidikospaidagogos.gr

Tiap kali anak berhasil makan sayur, berikanlah penghargaan berupa pujian. Hal ini akan meningkatkan semangat anak untuk makan. Dengan menu yang terus berganti, dan anak bisa beradaptasi, Mom bisa gunakan momen ini untuk memberinya pujian sebagai anak yang cerdas dan sehat, sebab sudah bisa makan sayur.

 

Nah, selamat mencoba ya Mom!

Irma El-Mira
Irma El-Mira Husbuyanti ; Yogyakarta ; [email protected] ; Penulis Buku : The Secret Way of Choosing, Jatuh Bangun Mark Zuckerberg.
Irma El-Mira on InstagramIrma El-Mira on Twitter
[jr_instagram id="2"]

Beri Komentar

Trending