Akhirnya Terungkap Sikap PAN dan Demokrat Pasca Kekalahan Prabowo-Sandi. Koalisi BPN Bubar??

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Penguman hasil Pilpres 2019 yang telah disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah dilakukan pada 21 Mei 2019 waktu dini hari. Melalui pengumuman tersebut, KPU menetapkan pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin, sebagai pemenang.

Hasil pengumuman tersebut membuat beberapa partai politik yang masuk dalam koalisi Badan Pemenangan Nasional (BPN), Prabowo-Sandi, keluar dan mengubah arah dukungannya.

Read More

Salah satu partai yang berbelok dari mendukung Prabowo-Sandi menjadi mendukung Jokowi-Ma;ruf adalah Partai Demokrat. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Melalui pidatonya, SBY mengucapakan selamat kepada Jokowi-Ma’ruf karena telah memenangi Pemilu 2019 dan mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh pemerintahan Jokowi-Ma’ruf bila nanti mereka diputuskan menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI.

“Mengiringi ucapan selamat saya kepada Bapak Joko Widodo dan Bapak Ma’ruf Amin dalam kapasitas saya sebagai Presiden Republik Indonesia ke-6 atas kepercayaan rakyat yang diberikan kepada Bapak berdua untuk pada saatnya memimpin Indonesia lima tahun mendatang, saya menyambut baik dan mendukung penuh komitmen dan tekad mulia Bapak berdua untuk memimpin dan mengayomi rakyat Indonesia secara adil tanpa kecuali,” kata SBY dalam pernyataan pers berbentuk video, Selasa (21/5/2019) malam.

Selain Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN) juga dikabarkan kemungkinan besar akan meninggalkan koalisi Prabowo-Sandi dan bergabung dengan koalisi Jokowi. Hal tersebut telah diakui oleh Wakil Ketua Umum PAN, Bara Hasibuan.

Bara bahkan mengungkapkan bahwa saat ini PAN memang sedang melakukan pembicaraan untuk menentukan langkah politik selanjutnya, termasuk kemungkinan untuk bergabung dengan koalisi Jokowi.

“Ya kemungkinan itu besar, ya saya harus akui besar,” kata Bara, Selasa (21/5/2019), dikutip dari KBR.id.

Bara juga menjelaskan bahwa komitmen PAN di koalisi Prabowo sudah selesai sampai pemilihan presiden. Ia juga mengatakan bahwa ketua umum PAN Zulkifli Hasan dan partainya sudah mengakui dan menerima hasil rekapitulasi nasional perolehan suara Pemilu 2019 yang diumumkan oleh KPU, dini hari kemarin (21/5).

“Sebetulnya sudah selesai, tapi masih ada waktu untuk melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Tapi sebetulnya kan memang komitmen kami di koalisi Prabowo-Sandi ini hanya sampai pemilihan presiden. Sebetulnya sudah selesai. Kami sudah mulai melakukan pembicaraan untuk menentukan langkah selanjutnya, termasuk kemungkinan untuk bergabung dengan pemerintahan Jokowi nantinya,” kata Bara Hasibuan.

Related posts