Connect with us

Smartravel

Ada Surga Tersembunyi di Sawah Lunto Sumatera Barat, Smartgirl Wajib Kesini Minimal Sekali Seumur Hidup!

nawa

Published

on

copyright by google.com

GIRLISME.COM- Sawahlunto merupakan salah satu kota di Provinsi Sumatera Barat. Meskipun kotanya tidak terlalu luas, Sawahlunto merupakan pusat penambangan batu bara pada zaman penjajahan Belanda. Kini cadangan batubara Sawahlunto telah habis dan menyisakan bangunan serta pesona alam yang penuh sejarah. Jika kamu sedang berwisata ke Kota Padang, tidak ada salahnya mampir ke Sawahlunto. Berikut ini destinasi wisata di Sawahlunto untuk liburan yang asyik dan menyenangkan.

1.Menikmati Pesona Bekas Galian Batu Bara, Danau Biru

Copyright by google.com

Meski menyisakan kerusakan lingkungan yang parah, namun bekas galian tambang batubara di Sawahlunto ternyata juga meninggalkan potensi wisata yang besar. Layaknya Danau Kaolin di Pulau Bangka Belitung, Danau Biru tercipta akibat bekas galian tambang batubara yang telah ditinggalkan. Jalanan sekitar danau yang berbatu membuat rute perjalanan menuju Danau Biru ini cukup menantang.

2.Spot Instagenik Di Hotel Ombilin Dan Kota Tua

copyright by google.com

Tidak jauh dari area hotel kamu bisa mengeksplorasi pusat kota tua Sawahlunto yang menyisakan banyak bangunan cagar budaya unik dan instagramworthy. Kalau pergi ke Sawahlunto jangan lupa menginap di sini ya.

3.Berfoto Dengan Gaya Vintage Di Area Museum Goedang Ransoem.

copyright by google.com

Banyak sekali bangunan bersejarah yang tersebar di Kota Sawahlunto. Salah satu yang terkenal adalah Museum Goedang Ransoem. Museum ini menempati bekas area dapur umum para pekerja tambang dan telah didirikan sejak tahun 1918. Meski sudah berumur satu abad, namun bangunan ini tetap berdiri kokoh. Tempat ini sering dijadikan tempat berfoto ria karena banyak spot-spot vintage unik yang sayang untuk dilewatkan.

4.Gereja Unik Peninggalan Belanda, Gereja Katolik Santa Barbara.

copyright by google.com

Dari luar, bangunan gereja ini terlihat anggun, sehingga membuat banyak wisatawan berhenti sejenak untuk sekedar berfoto. Gereja ini sudah ada sejak tahun 1920-an lho, jadi arsitektur bagian luarnya pun merupakan arsitektur gereja khas Belanda. Sedangkan bagian dalamnya banyak didominasi oleh perabotan kayu yang membuat kesan bersahaja begitu terasa.

Keren banget kan ternyata Sawah Lunto? Bisa nih dijadiin buat Kamu rekomendasi list traveling kamu Smartgirl!

nawa
Nadhifah Azhar ; Bandung, 22 April 1998 ; Gunungkidul Yogyakarta ; [email protected] ; Hobbi : Travelling

Beri Komentar

Smartravel

Mimpi Bisa Ngelilingin Negar Eropa?Tenang Bisa Terwujud Kok, Ini Dia 4 Triknya Wisata 4 Negara 7 Kota Eropa Agar Tetap Murah!

nawa

Published

on

By

GIRLISME.COM- Pernah punya mimpi muterin Eropa tapi dengan biaya seminimal mungkin? Kalau temen-temen mau nabung dan lakuin tips dibawah ini, dijamin sih bakalan kesampaian hehe. Kita simak @ardynp membahasnya ya!

1. Pertama, pastinya masalah pesawat, harus dipesan jauh-jauh hari sebelum kepergian.

Total harga diatas bisa diperoleh kalau mendapatkan tiket promo, yang dibeli kurang lebih 6 bulan sebelum berangkat dengan nilai maksimal Rp 9 jt. Dan tiket yang dibeli berstatus open jaw (kota kedatangan dan pulang berbeda)

2. Masalah penginapan, cari hotel yang paling murah atau kalau engga, sharing bareng turis lainnya.

Selama di eropa selalu menggunakan hostel, kecuali di paris pakai hotel tp tetap dengan harga bersahabat, di eropa standart untuk penginapan berbeda tiap kotanya.

3. Masalah transportasi, tentunya pake transportasi umum dong.

Transportation antar kota 🚌 jarak jauh
Amsterdam 🇱🇺 – Brussels 🇧🇪 €15 – 4 jam
Brussels – Paris 🇫🇷 €13 – 4 jam
Paris – Munich 🇧🇪 €30 – 12 jam
Munich – karlsruhe 🇩🇪 €14 – 4 jam

Total €75 : Rp 1.200.000 ✅ ini udah sampe mana mana loh Smartgirl!

4. Beli makanan tapi ga habis? Udah minta dibungkus aja, lumayan menghemat!

Sebagai sobat mizqueen budget makan diperketat dengan 2x makan sehari dan max budget €7. Makanan yg dibeli kombinasi antara Street food dan restaurant. Kenapa cuma 2x makan? Karena porsi makan yg besar jd bisa di bungkus buat malem.

nawa
Nadhifah Azhar ; Bandung, 22 April 1998 ; Gunungkidul Yogyakarta ; [email protected] ; Hobbi : Travelling

Beri Komentar

Continue Reading

Smartravel

Murah Meriah, 5 Hari 4 Malem ke Thailand Cuma 2.100.00, Ini Dia Rahasianya!

nawa

Published

on

By

GIRLISME.COM- Liburan ke Bangkok 5 hari 4 malem cuma abis 2.100.000 udah all in loh! Iyap ini pernah diulas sama @freactures di twitter. Yuk kita bahas ya tipsnya apa aja si?

1. Pertama, pastiin kamu dah survey tiket pesawat dari jauh-jauh hari.

pertama, cari tiket. harus selalu update soal harga tiket pesawat, dan cari yang murah, tentunya. OK kali ini akan w bocorin cara cari tiket murah, biasanya aku cari tiket di (link: http://skyscanner.com) skyscanner.com disitu banyak diskonan.

2. Nginepnya jangan di hotel dong, pilih di homestay atau AirnB

Nah ini salah satu tips paling ampuh, pilih dan survei dari jauh-jauh hari juga ya penginapan yang kamu pilih. Karena untung untungn nih kalau masalah hotel, kamu bisa dapet hotel yang murah kalau emang udah survei dari jauh jauh hari.

3. Nah buat jalan-jalannya, Kamu bisa manfaatin naik MRT atau transportasi umum.

harga BTS dan MRT gak jauh beda sama harga commuter line di indo, oiya ke pattaya gw naik bis! harga tiketnya 20ribuan, jarak tempuh 3jam. usahain selama di sana jangan naik gr*b soalnya mahal bgt.

4. Soal makanan, tenang aja disana murah meriah kok, ga jauh beda sama Jakarta.

Iya Smartgirl ga usah khawatir deh kalau urusan makanan, apalagi kalau kamu tripnya ramai ramai sama teman, dijamin bisa lebih hemat. Harga makanan minimal 20.000 udah dapet ayam lumayan gede loh! Jadi bisa hemat deh kalau urusan makanan mah.

nawa
Nadhifah Azhar ; Bandung, 22 April 1998 ; Gunungkidul Yogyakarta ; [email protected] ; Hobbi : Travelling

Beri Komentar

Continue Reading

Trending