Connect with us

Smartravel

Ada Surga Tersembunyi di Sawah Lunto Sumatera Barat, Smartgirl Wajib Kesini Minimal Sekali Seumur Hidup!

nawa

Published

on

copyright by google.com

GIRLISME.COM- Sawahlunto merupakan salah satu kota di Provinsi Sumatera Barat. Meskipun kotanya tidak terlalu luas, Sawahlunto merupakan pusat penambangan batu bara pada zaman penjajahan Belanda. Kini cadangan batubara Sawahlunto telah habis dan menyisakan bangunan serta pesona alam yang penuh sejarah. Jika kamu sedang berwisata ke Kota Padang, tidak ada salahnya mampir ke Sawahlunto. Berikut ini destinasi wisata di Sawahlunto untuk liburan yang asyik dan menyenangkan.

1.Menikmati Pesona Bekas Galian Batu Bara, Danau Biru

Copyright by google.com

Meski menyisakan kerusakan lingkungan yang parah, namun bekas galian tambang batubara di Sawahlunto ternyata juga meninggalkan potensi wisata yang besar. Layaknya Danau Kaolin di Pulau Bangka Belitung, Danau Biru tercipta akibat bekas galian tambang batubara yang telah ditinggalkan. Jalanan sekitar danau yang berbatu membuat rute perjalanan menuju Danau Biru ini cukup menantang.

2.Spot Instagenik Di Hotel Ombilin Dan Kota Tua

copyright by google.com

Tidak jauh dari area hotel kamu bisa mengeksplorasi pusat kota tua Sawahlunto yang menyisakan banyak bangunan cagar budaya unik dan instagramworthy. Kalau pergi ke Sawahlunto jangan lupa menginap di sini ya.

3.Berfoto Dengan Gaya Vintage Di Area Museum Goedang Ransoem.

copyright by google.com

Banyak sekali bangunan bersejarah yang tersebar di Kota Sawahlunto. Salah satu yang terkenal adalah Museum Goedang Ransoem. Museum ini menempati bekas area dapur umum para pekerja tambang dan telah didirikan sejak tahun 1918. Meski sudah berumur satu abad, namun bangunan ini tetap berdiri kokoh. Tempat ini sering dijadikan tempat berfoto ria karena banyak spot-spot vintage unik yang sayang untuk dilewatkan.

4.Gereja Unik Peninggalan Belanda, Gereja Katolik Santa Barbara.

copyright by google.com

Dari luar, bangunan gereja ini terlihat anggun, sehingga membuat banyak wisatawan berhenti sejenak untuk sekedar berfoto. Gereja ini sudah ada sejak tahun 1920-an lho, jadi arsitektur bagian luarnya pun merupakan arsitektur gereja khas Belanda. Sedangkan bagian dalamnya banyak didominasi oleh perabotan kayu yang membuat kesan bersahaja begitu terasa.

Keren banget kan ternyata Sawah Lunto? Bisa nih dijadiin buat Kamu rekomendasi list traveling kamu Smartgirl!

nawa
Nadhifah Azhar ; Bandung, 22 April 1998 ; Gunungkidul Yogyakarta ; [email protected] ; Hobbi : Travelling
[jr_instagram id="2"]

Beri Komentar

Trending