Tiga Film Pendek Indonesia Raih Penghargaan di Ajang Viddsee Juree Awards Indonesia 2018

GIRLISME.COM – Film-film Indonesia mendapatkan penghargaan dari Viddsee Juree Awards Indonesia. Viddsee Juree Awards Indonesia merupakan festival film pendek untuk komunitas pembuat film tingkat Asia. Film pendek tersebut antara lain Errorist of Seasons, Angka Jadi Suara, dan Oleh-oleh.

Film Errorist of Seasons merupakan sebuah drama tentang seorang ayah yang mempertaruhkan seluruh uangnya untuk bisnis ojek perahu karet. Film karya Rein Maychaelson tersebut mendapatkan penghargaan tertinggi, yaitu Gold Award. Pemenang Gold Award nantinya akan mengikuti paket 5-hari Program Film & TV Global di Los Angeles dari Motion Picture Association (MPA), sebuah asosiasi film terkemuka di dunia.

Read More

http://flickmagazine.net

Sebelumnya, Rein juga pernah mendapatkan penghargaan penghargaan Special Mention untuk karya Udin Telekomsel pada Viddsee Juree Awards Indonesia 2016. Selain itu, beberapa film karya Rein juga telah dikenal diberbagai festival film internasional, seperti Jogja-NETPAC Asian Film Festival, XXI Short Film Festival, San Francisco Indonesian Film Festival, Los Angeles Indonesia Film Festival, Bangkok International Film Festival, Europe on Screen, dan lain-lain.

Rein mengungkapkan bahwa filmnya tersebut merupakan salah satu cara untuk menunjukkan keunikan Indonesia.

“Menunjukkan negara ini apa adanya, adalah tantangan kreatif yang menarik sekaligus bermasalah. Ini membuat saya bersemangat ketika ada ruang virtual untuk idiosinkrasi ini, seperti platform Viddsee,” jelasnya.

http://flickmagazine.net

Sementara itu, film Angka Jadi Suara yang dibuat oleh seorang aktivis buruh, Dian Septi Trisnanti, meraih penghargaan Silver Award. Film tersebut merupakan film berformat dokumenter yang mengungkapkan bagaimana buruh perempuan mengatasi pelecehan seksual yang terjadi di distrik industri garmen di Jakarta. Hebatnya, keseluruhan dari film tersebut dibuat oleh para pembuat film pemula.

Dian menjelaskan bahwa keterlibatan film Angka Jadi Suara di Viddsee Award merupakan bentuk dukungan bagi perjuangan buruh.

Selain itu, film Indonesia lainnya yang mendapatkan penghargaan adalah film Oleh-oleh karya Reza Fahriyansyah. Film yang mendapatkan penghargaan Special Mention tersebut bercerita tentang seorang ibu yang terbebani dengan budaya membeli buah tangan kepada kerabat.

http://flickmagazine.net

Kompetisi Viddsee Juree Awards Indonesia merupakan sebuah kompetisi yang bertujuan untuk mengapresiasi industri hiburan khususnya film pendek dari seluruh Asia. Berbagai karya ditonton dan dinilai oleh panel juri yang memiliki reputasi internasional. Tidak hanya itu, setiap film pendek yang terpilih dalam kompetisi juga akan diputar di berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarya, Semarang dan Denpasar.

Related posts