Paduan Suara ITB Borong Medali dalam Ajang “The 57th Seghizzi Internasional Choral Singing Competition 2018” di Italia

GIRLISME.COM – Tahun ini, Indonesia turut serta dalam kompetisi paduan suara tingkat internasional “The 57th Seghizzi Internasional Choral Singing Competition 2018.” Dalam kompetisi tersebut, Indonesia diwakili oleh Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kompetisi yang berlangsung di Italia pada 20-22 Juli 2018 tersebut diikuti oleh 9 paduan suara dari 7 negara, yaitu The Blossomed Voice (Italia), Gruppo Vocale Noveccento (Italia), Tonal Choir (Iran), Imusicapella (Filipina), PSM-ITB (Indonesia), PSM Undip (Indonesia), Polachoir (Ukraina), Coro de Cámara “Oretania” (Spanyol), dan Aletheia Choir (Romania).

Bacaan Lainnya

PSM ITB yang beranggotakan 38 orang tersebut mengaku telah melakukan persiapan sejak bulan Agustus tahun lalu. Selain mempersiapkan kualitas vokal dan lagu-lagu pilihan, PSM ITB juga mempersiapkan kostum yang merupakan pakaian adat beberapa daerah di Indonesia.

View this post on Instagram

[PSM-ITB CULTURAL TOUR 2018 GOES TO 57TH CONCORSO INTERNAZIONALE DI CANTO CORALE "SEGHIZZI"] . Rangkaian kompetisi "Seghizzi" 2018 diikuti oleh 9 paduan suara dari 7 negara, yaitu 1. The Blossomed Voice (Italia) 2. Gruppo Vocale Noveccento (Italia) 3. Tonal Choir (Iran) 4. Imusicapella (Filipina) 5. PSM-ITB (Indonesia) 6. PSM Undip (Indonesia) 7. Polachoir (Ukraina) 8. Coro de Cámara "Oretania" (Spanyol) 9. Aletheia Choir (Romania) PSM-ITB mengikuti 2 dari 7 kategori yang dilombakan; 1d (Polyphonic – historical period 1911-present) dan 2a (Folk and Traditional Music). Baik kategori 1d dan 2a diikuti oleh 7 paduan suara. PSM-ITB berhasil melalui babak semifinal dan final, serta melanjutkan penampilan di babak Grand Prix, yang diikuti 6 paduan suara terbaik. Pada kompetisi ini, PSM-ITB kembali mengharumkan nama Indonesia dengan menorehkan beberapa prestasi: 1. GRAND PRIX 1st runner-up 2. 1st runner-up kategori 1d 3. 1st runner-up seluruh kategori 1 (a-d) 4. 1st prize kategori 2a 5. 1st prize seluruh kategori 2 (a-c) 6. Penghargaan khusus "poetry in music" untuk penyampaian terbaik makna puisi dalam lagu 7. Penampilan favorit audiens kategori 2a 8. Kostum terbaik Dari 8 prestasi tersebut, PSM-ITB mendapat 7 gold-range medal serta 1 silver-range medal. Terima kasih atas segala dukungan, doa, dan restu kepada PSM-ITB dalam ITB Cultural Tour 2018 selama kompetisi ini sehingga dapat mengharumkan nama Indonesia melalui budayanya. . "…Tenagaku bahkan pun jiwaku, kepadamu rela kuberi" ?? . #ITBCulturalTour2018 #SuarakanBudayaKita #IndonesiaMendunia #PSMITBuntukIndonesia

A post shared by Paduan Suara Mahasiswa ITB (@psmitb) on

Melalui kompetisi tersebut, PSM ITB membawa misi mengenalkan budaya bangsa. Sehingga lagu-lagu yang dipilih adalah lagu-lagu daerah, mulai dari Sumatera, Bali, Jawa, Nusa Tenggara dan Papua. Sedangkan untuk kostum, PSM salah satu universitas di Jawa Barat tersebut mengenakan pakaian adat dari Banyuwangi, Jawa Timur untuk peremun dan pakaian adat Bali untuk laki-laki.

PSM-ITB mengikuti 2 dari 7 kategori yang dilombakan, yaitu 1d (Polyphonic – historical period 1911-present) dan 2a (Folk and Traditional Music). Baik kategori 1d dan 2a diikuti oleh 7 paduan suara.

Tim PSM-ITB berhasil melalui babak semifinal dan final, serta melanjutkan penampilan di babak Grand Prix, yang diikuti 6 paduan suara terbaik. Pada kompetisi ini, PSM-ITB mampu meraih 7 gold-range medal serta 1 silver-range medal:
1. GRAND PRIX 1st runner-up
2. 1st runner-up kategori 1d
3. 1st runner-up seluruh kategori 1 (a-d)
4. 1st prize kategori 2a
5. 1st prize seluruh kategori 2 (a-c)
6. Penghargaan khusus “poetry in music” untuk penyampaian terbaik makna puisi dalam lagu
7. Penampilan favorit audiens kategori 2a
8. Kostum terbaik

Pos terkait