Kota Yogyakarta Menjadi Kota Pertama Obor Asian Games 2018

GIRLISME.COM – Api obor Asian Games 2018 dari Nasional Dhyan Chand, New Delhi, India, resmi disatukan dengan api dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah melalui prosesi Konser Kirab Obor di Lapangan Brahma,  Candi Prambanan, Yogyakarta, pada Rabu (18/7/2018).

Setelah disatukan, api tersebut dibawa oleh sang legenda bulu tangkis Indonesia Susi Susanti dan juga mantan petenis andalan Indonesia, Yustejo Tarik, dan diserahkan pada wakil Presiden Jusuf Kalla.

Read More

http://spiritriau.com

Api tersebut selanjutnya diserahkan kepada pebulutangkis asal Yogyakarta, Kinarsih.

Api obor yang diterima Kinarsih tersebut kemudian diarak keliling melalui pawai obor di Yogyakarta, pada Kamis (19/7/2018) pagi, sebelum nantinya dibawa ke Solo, Jawa Tengah.

Pawai obor tersebut berlangsung mulai pukul 07.00 WIB dari Pagelaran Kraton Yogyakarta dan selanjutnya dikirab mengelilingi jalan protokol Kota Yogyakarta.

https://olahraga.kompas.com

Rute kirab obor Asian Games 2018 di Yogyakarta adalah dari Pagelaran Kraton menuju ke Titik Nol, selanjutnya dibawa ke RS PKU Muhammadiyah, Jalan Bhayangkara, Teteg, Malioboro, kembali lagi ke Titik Nol, kemudian ke Pojok Beteng Kulon (Barat), Ngabean, Ngampilan, Pingit, dan berakhir di Tugu Yogyakarta.

Kirab obor tersebut diiringi dengan berbagai atraksi seperti tarian tradisional. Pembawa obor tersebut dilakukan secara estafet, salah satunya oleh Menteri Luar Negeri Retno Lestari Marsudi sebagai pembawa obor pertama kali.

Di Tugu Yogyakarta, Sekretaris Jenderal Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) Eris Herryanto menyerahkan obor itu kepada Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti sekitar pukul 09.20 WIB.

“Kami terima Obor Asian Games 2018. Ini kebanggaan bagi kami masyarakat kota Yogyakarta. Jadi terimakasih Yogyakarta sebagai kota pertama (Torch Relay Asian Games 2018),” kata Haryadi seusai menerima obor api.

“Dari Jogja untuk Indonesia,” sambung Haryadi.

Api kemudian dipindahkan ke dalam tinder box atau lentera untuk dibawa ke Solo.

“Api saya serahkan kepada Inasgoc. Selanjutnya dibawa ke kota Solo hingga bisa sampai di Jakarta dengan aman,” ujarnya.

Related posts