Mau Nikah Tapi Kok Berat Di Ongkos! Tenang Smartgirl Ini 5 Cara Jitu Menghemat Pengeluaran Pernikahan!

GIRLISME.COM — Seperti yang sering kita tau perempuan suka banget yang namanya dibebanin ngatur keuangan. Banyak kan laki-laki yang menganggap perempuan harusnya bisa mengatur keuangan rumah tangga dan sebagainya. Oke Smartgirl buat ngebantu kamu kali ini Girlisme bakalan kasih saran untuk persiapan pengaturan uang jelang pernikahan. Jadi kalau calon suami kamu konsultasi kamu bisa memberi saran yang pas! Simak ya!

1. Saat berkonsultasi para lelaki akan bertanya kira-kira membutuhkan biaya berapa untuk prosesi pernikahan!

Read More

photo by Zoosk

Saat kamu ditanya hal itu, komunikasikan dulu dengan orang tua kamu Smartgirl, dan tanya juga si lelaki menginginkan pernikahan yang seperti apa. Kalau kamu mau pernikahan yang sederhana saja agar tidak memberatkan pihak laki-laki kamu bisa loh menjelaskan ke orang tuamu soalnya permasalahan dimulai ketika orang tua menginginkan banyak acara saat pernikahan tetapi sebagai anak kita tidak ingin membebani orang tua untuk menanggung biaya pernikahan kan?.

2. Buatlah semacam daftar kegiatan selama sebelum pernikahan hingga hari-h!

photo by Sekelumit Cerita

Daftar ini penting ya Smartgirl untuk membantu menentukan kegiatan mana yang perlu dilakukan dan jangan lupa untuk menghitung biaya yang mungkin dikeluarkan dari kegiatan yang kamu tulis.

3. Dari daftar yang ada diatas tadi coba deh diskusikan dengan calon suami kira-kira acara mana yang mau kalian lakukan dan tidak!

photo by sayidaty.net

Dari pemilihan ini mungkin akan ada perdebatan diantara kalian. Apalagi kalau kalian berbeda adat dan budaya. Smartgirl musti bijak ya, cobalah solusi ditengah bila tidak bisa juga memang harus ada yang mengalah toh ini juga untuk kebaikan kalian. Pernikahan itu yang paling penting saat ijab qobulnya.

4. Buatlah daftar undangan dari kamu dan keluargamu juga minta pasanganmu melakukan hal yang sama!

photo by Menikah Sudah Dekat

Smartgirl saat daftar undangan telah selesai, usahakan jumlah tamu yang diundang sesuai dengan budget pernikahan kalian ya. Kalau kamu ingin membuat pernikahan yang sederhana saja so, undang saja orang-orang terdekat kalian. Biasanya permasalahan di undangan nikah ini juga orang tua, apalagi kalau orang tua mempunyai banyak relasi mau tidak mau mengundang banyak orang. So, kamu bisa diskusikan dulu dengan pasangan kamu. Cara menghemat biaya pengeluaran undangan juga bisa dilakukan dengan memberi undangan elektronic ya Smartgirl, bisa melalui foto atau video.

5. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan menghemat acara pernikahan adalah menghilangkan acara tradisi…

photo by Seputar Pernikahan

Jadi pernikahanmu cukup dengan tuntunan sesuai agama masing-masing saja tidak menggunakan tradisi yang pada kenyataannya memakan banyak biaya. Tapi semua pilihan kembali ke kamu ya Smartgirl kalau memang mampu menggelar tradisi ya silahkan saja, namun bila budget pas-pasan jangan dipaksakan, karena inti pernikahan bukan itu.

Semoga kamu bisa bijaksana dalam membantu pasanganmu mengatur keuangan menjelang pernikahan ya! Semoga bermanfaat! 🙂

Related posts