Kenapasih Perempuan Cenderung Rentan Depresi? Smartgirl Kenali 4 Hal Ini Untuk Cegah Depresi….

GIRLISME.COM — Smartgirl sebagai perempuan wajar rasanya jika kita mengalami kesedihan dan menangis sejadi-jadinya akibat respon dari rasa sedih yang kita alami. Namun terkadang respon sedih ini dapat menjadi berlebihan pada beberapa wanita dan dapat mengakibatkan depresi. Yuk kita bahas bersama kenapa sih wanita jauh lebih rentan terkena depresi daripada pria! Simak ya…

1. Faktor yang paling utama adalah Faktor genetik! So Smartgirl kamu harus pandai-pandai mengelola stres ya!

photo by blog.rismedia.com

Faktor genertik memang menjadi penyebab perempuan mengalami depresi namun menurut beberapa penelitian faktor yang paling besar menyebabkan depresi adalah faktor tekanan yang tiba-tiba dan si perempuan tidak siap untuk menerimanya.

Read More

2. Smartgirl inget nggak waktu puber dulu sama waktu awal-awal mens ngerasa aneh atau tiba-tiba gampang sedih gitu?

photo by Oxford Vitality

Namanya baru memasuki masa pubertas pasti mengalami perubahan fisik dan psikis ya, nah anak perempuan usia 14 tahun keatas lebih rentan terkena depresi nih. Apalagi kalau memasuki masa-masa menstruasi biasanya ada sindrom pramenstruasi atau PMS. Bawaanya perasaan bisa bingung, sedih, gembira, tapi aneh aja gitu kan? perasaan yang sulit dijelaskan. Biasanya juga akan merasa lebih sensitif terhadap apapun.

3. Menjelang menopause perempuan juga bisa terkena depresi lo Smartgirl. So persiapkan dirimu ya!

photo by NBC News

Hal tersebut dikarenakan proses meningkat dan menurunnya hormon-hormon reproduksi selama masa setelah kehamilan hingga peri menopause. Saat itu terjadi bila perempuan mengalami tekanan dapat dimungkinkan dirinya mengalami depresi.

4. Lingkungan sangat berpengaruh terhadap bagaimana perempuan merespon tekanan-tekanan yang dirasakannya!

photo by Timberland

Nah Smartgirl bila kamu tinggal dilingkungan positif kamu cenderung akan merespon tekanan yang kamu alami secara positif namun bila lingkungan mu negatif ada kemungkinan kamu akan mengalami depresi berat hingga pemikiran bunuh diri. Jangan memendam sendiri masalahmu, kalau merasa butuh berkonsultasi, kamu bisa dateng ke psikolog kok. Selain itu dari sekarang berkumpullah dengan orang-orang positif ya!

Mencegah lebih baik daripada mengobati, termasuk mencegah depresi. Kamu bisa mulai dengan berpikiran positif terhadap semua masalah yang menimpa kamu Smartgirl, siapkan diri menghadapi hidup apapun yang ada didepan mata dan jangan terlena. Semoga bermanfaat 🙂

Related posts