Raih Emas dan Cetak Sejarah Dunia, Lalu Muhammad Zohri Jadi Modal Indonesia di Asian Games 2018

GIRLISME.COM – Indonesia patut berbangga dengan keberhasilan Lalu Mohammad Zohri yang kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Zohri memenangkan ajang Kejuaraan Atletik Dunia U-20 di Finlandia dengan perolehan waktu sekitar 10,18 detik atau sekitar 1,2 detik per meter.

Pada bulan Juni lalu, Zohri juga meraih emas di Kejuaraan Asia Atletik Junior 2018 yang berlangsung di Stadion Gifu Nagaragawa, Jepang. Saat itu, Zohri berhasil sampai garis finis dalam waktu 10,27 detik di nomor 100 meter putra.

Read More

Perolehan waktu sekitar 10,18 detik di Atletik Dunia U-20 tersebut membuat Zohri berhasil mengalahkan Anthony Schawartz dan Eric Harrison yang tercatat memperoleh waktu sekitar 10,22 detik yang sangat berbanding tipis dengan Zohri.

https://www.brilio.net

Keberhasilan pelari yang berusia 18 tahun tersebut membuatnya dinobatkan sebagai sprinter asal Indonesia yang mencetak sejarah baru dengan peraihan medali emas setelah peraihan prestasi dari tahun 1986 hingga sekarang. Zohri pun juga mencetak sejarah baru setelah 32 tahun nama Indonesia tidak pernah muncul di dunia atletik.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani.

“Ini sejarah baru bagi Indonesia sekaligus pertama kali atlet Indonesia meraih emas di Kejuaraan Dunia Atletik U-20,” ujar Menko Puan, Kamis (12/7/2018).

Keberhasilan Zohri ini menambah peluang besar untuk Indonesia di Asian Games 2018 bulan Agustus mendatang. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.
“Itu nanti modal kemenangan seperti ini, kemarin badminton menjadi modal Asian Games 2018. Ini nanti lari modal lagi untuk Asian Games,” kata Jokowi.

Lalu Muhammad Zohri juga menyampaikan kesiapannya untuk bertanding di Asian Games ke-18 di Jakarta-Palembang bulan depan.

“Saya sangat gembira dengan catatan waktu terbaik saya dan rekor junior nasional. Sekarang, saya akan mempersiapkan diri untuk Asian Games bulan depan,” ungkap Zohri yang dikutip di situs resmi Federasi Atletik Dunia (IAAF).

Related posts