Gimana Caranya Biar Bisa Jadi Pendengar yang Baik?? Yuk Girls, Pakai 4 Cara Ini Biar Sahabatmu Nyaman Tiap Kali Curhat dan Cerita!

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Jadi pendengar yang baik itu nggak gampang lho. Butuh niat yang kuat supaya nggak goyah dan ngerasa bosan :p

Tapi kamu pastinya nggak mau kan kalau sahabatmu malah ngerasa nggak nyaman tiap kali cerita sama kamu?

Read More

Naah, mending pakai 4 cara ini deh!

1. Cari tau dulu, itu orang mau sekedar didengerin atau mau sekalian dikasi saran??

VideoBlocks

Nah, yang sering keliru dilakuin oleh kebanyakan orang adalah ngasi saran ke temennya yang cuman mau didengerin, dan malah nggak ngasi masukan ke temen yang nanyain jalan keluar.

Simple sih, tapi kalau ketuker, waah, bisa lebih panjang dari drama Korea lanjutannya 😀

Jadi kamu kudu tau dulu, ini temanmu cuman mau didengerin doang, atau dikasiin saran? Kamu bisa tau dari gelagatnya kalau kamu ngejawab setiap ceritanya, mau ngedengerin, atau malah makin berapi-api ngebela diri.

 

2. Kasiin ekspresi yang antusias dan fokus, bakalan bikin sahabatmu ngerasa dihargai ceritanya…

michelewoodward.com

Jangan cuek. Jangan maen hape. Atau parahnya, jangan sampai malah nyambi ngobrol sama orang lain.

Pokoknya kalau kamu mau jadi pendengar yang baik, kuncinya adalah fokus ke temenmu itu. Itu bakalan bikin dia ngerasa dihargai, jadinya dia mau cerita lebih banyak. Tapi kalau kamu malah nggak fokus dan ngerjain hal lain, beuh, udah daaah, tunggu aja moodnya meledak 😀

 

3. Kasi saran yang meneduhkan yaa, jangan yang memerintah atau bakan menggurui!

takemetotruth.org

Kamu dalam posisi pemberi saran…nah artinya adalah kamu harus bisa nempetin diri secara pas. Kalaupun nanti temanmu itu nggak setuju atau masih ngasi sanggahan, yaa sah-sah aja. Tapi jangan sampai kamu maksain kehendak, nyuruh-nyuruh, dan malahan kesannya kamu jadi sok tau banget. Kalau begini adanya, hmmm, batal dah tuh predikat pendengar yang baik.

Yang ada malahan pemaksa yang baik!

 

4. Dengerin dulu temenmu sampai selsesai, jangan malah motong-motong tengah jalan…

shutterstock.com

“Eh, aku juga pernah gitu…”

“Oh, kalau aku yaaa…”

“Ahiya?? Aku juga lho kemarin….”

Nope, nope.

Bukan cara yang tepat buat jadi pendengar yang baik, kalau malah kamu yang lebih banyak didengerinnya :(‘

Fokus aja di cerita temenmu, jangan dipotong, apalagi dimasuk-masukin ceritamu sendiri, huhu.

Nah Smartgirl, itu tadi cara buat bisa jadi pendengar yang baik. Inget yaa, fokus dan jangan malah lebih banyak kamu yang cerita!

BACA JUGA :  Ini Nih 5 Masalah Pasangan Tiap Bulan yang Selalu Kejadian Kalau Cewek Diserang PMS! Kamu Pasti Pernah Ngalamin Kejadian Gemes tapi Nyebelin Ini Deh!

Related posts