Capai Kesepakatan Dengan Pihak Tik Tok, Kominfo Akan Buka Blokir Tik Tok

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Pihak manajemen Tik Tok langsung menemui Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, pada Rabu (4/7) sore setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika memutuskan untuk memblokir aplikasi Tik Tok pada Selasa (3/7) lalu.

Dari pertemuan tersebut, Kominfo dan pihak Tik Tok mencapai kesepakatan bahwa blokir Tik Tok akan dibuka dengan syarat-syarat lewat komitmen tertulis yang ditentukan oleh Kominfo.

Read More

Komitmen pertama, pihak Tik Tok diminta melakukan pembersihan konten-konten yang mengandung pornografi di dalam platform tersebut.

Kedua, Tik Tok diminta melakukan filterisasi agar kejadian serupa tidak terulang. Serta menaikkan batas umur pengguna aplikasinya.

“Bagi kami, ketika melakukan dua komitmen tadi, kita langsung cek secepatnya,” ujar Rudiantara.

http://www.tribunnews.com

Apabila saat pengecekan tersebut ternyata Tik Tok telah menjalankan komitmen yang dipersyaratkan Kominfo, bukan tidak mungkin aplikasi yang tengah digandrungi remaja di Indonesia ini bisa diakses kembali oleh masyarakat.

“Mereka bilang akan bersihkan, ya silakan. Kalau sudah bersih, nanti kita review. Kalau itu sudah beres, mau subuh, mau besok pagi, kalau kedua-dua (komitmen) itu selesai, kita buka,” tambahnya.

Selain itu, Rudiantara juga meminta manajemen Tik Tok untuk membuka kantor operasional di Indonesia agar komunikasi bisa terjalin lebih cepat dan mudah ke depannya. Tik Tok diketahui saat ini telah memiliki sekitar 20 karyawan yang mengurus aplikasi ini di Indonesia.

Zhen Liu, SVP ByteDance, selaku induk perusahaan dari Tik Tok, mengatakan percaya diri aplikasi Tik Tok bisa kembali aktif di Indonesia. Mereka berkomitmen untuk menaati peraturan yang berlaku di Indonesia, termasuk soal memoderasi konten.

BACA JUGA :  Prabowo Sebut Jutaan Massa Hadiri Kampanye, Ternyata Kapasitas Stadion Utama GBK Hanya 78 Ribu

“Kami berkomitmen untuk memoderasi konten kami. Kehadiran kami di sini untuk menunjukkan komitmen kuat kami untuk menyediakan platform yang lebih baik di Indonesia,” ujar Liu.

Sebagai upaya mereka memenuhi permintaan Kemkominfo, Liu mengatakan bahwa batas umur pengguna aplikasi Tik Tok di Indonesia akan dinaikkan menjadi 16 tahun. Sebelumnya, Tik Tok mematok pengguna yang bisa bergabung di aplikasinya harus berusia 12 tahun.

Related posts