Harga BBM Nonsubsidi Resmi Naik Mulai Tanggal 1 Juli 2018

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Mulai hari Minggu 1 Juli 2018, PT Pertamina (Persero) resmi menaikkan harga harga bahan bakar minyak atau BBM nonsubsidi.

Kenaikan harga itersebut berlaku di seluruh Indonesia. Hanya saja besaran kenaikannya berbeda-beda, menyesuaikan dengan provinsi masing-masing. Namun, menurut VP Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, kenaikan BBM nonsubsidi tersebut berkisar antara Rp600 sampai Rp900.

Read More

Adiatma mengungkapkan bahwa cecara umum, kenaikan harga masing-masing jenis BBM nonsubsidi tersebut di bawah sepuluh persen. Ia juga mengatakan bahwa kenaikan harga tersebut dilakukan karena menyesuaikan dengan harga minyak dunia yang juga sedang naik sekarang.

“Harga minyak dunia kan naik. BBM kita (BBM yang dijual di Indonesia) hampir sembilan puluh persen kan impor, jadi mengikuti harga minyak dunia, sehingga kita tidak bisa mengontrolnya,” ungkapnya

“Penyesuaian harga ini juga dalam rangka Pertamina tetap bisa bertahan untuk menyediaakan BBM dengan pasokan yang cukup sesuai kebutuhan secara terus menerus sehingga tidak mengganggu konsumen dalam beraktifitas sehari-hari dimanapun,” tambahnya.

Harga BBM nonsubsidi yang mengalami kenaikan per liter tersebut adalah Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamax Dex, dan Dexlite. Sedangkan untuk jenis BBM lain seperti Pertalite, Premium, dan Solar tidak mengalami perubahan, tetap dengan harga yang sama.

“Enggak, (harga) Pertalite tetap,” kata Adiatma kepada media pada Minggu siang.

http://jogja.tribunnews.com

Adiatma menambahkan bahwa penyesuaian harga BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex tersebut, dilakukan Pertamina sebagai bentuk badan usaha, dengan mengacu pada Permen ESDM No. 34 tahun 2018 Perubahan Kelima Atas Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 39 Tahun 2014, Tentang Perhitungan Harga Jual Eceran BBM.

BACA JUGA :  Siap-siap Intip Tren Tahun Baru! Say Goodbye to Warna Lamamu, Ini Dia Prediksi Warna Laris di Tahun 2018!

Pertamina juga mengapresiasi masyarakat yang setia menggunakan BBM berkualitas, ramah lingkungan dan sesuai dengan spesifikasi kendaraannya. Karena itu perubahan harga BBM Pertamax Series dan Dex Series, menurut Adiatma masih lebih kompetitif.

“Kami senantiasa memberikan BBM dengan kualitas dan harga terbaik bagi konsumen setia Pertamina,”imbuhnya.

Berikut ini kenaikan harga BBM nonSubsidi berdasarkan web resmi  PT Pertamina Persero:

Pertamax: Rp. 8.900 menjadi Rp 9.700 Perliter.
Dexlite: Rp. 8.200 menjadi Rp. 9.200 Perliter.
Pertalite: 8.000
Dex: 10.750
Solar NPSO: 8.150
Minyak tanah NPSO: 11.660.

Related posts