Alexandria Ocasio-Cortez: Politisi Muda Perempuan yang Mengalahkan Anggota Petahana DPR Amerika

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Alexandria Ocasio-Cortez, seorang politisi muda perempuan berusia 28 tahun, mampu mengalahkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) New York, petahana Joe Crowley dari Partai Demokrat yang telah menjadi anggota parlemen selama sepuluh tahun.

Ocasio-Cortez dan Crowley merupakan dua calon yang berasal dari partai yang sama, yaitu Partai Demokrat. Sehingga kemenangan Ocasio-Cortez tersebut merupakan insiden yang pertama kali sejak 14 tahun, ketika anggota petahana digulingkan kandidat dari partai yang sama.

Read More

“Ini bukan akhir. Ini adalah awalan karena kita akan mengirimkan pesan ke seluruh dunia bahwa politik tak memerlukan donor yang besar,” kata Ocasio-CortezKamis (28/6).

https://www.independent.co.uk

Ocasio-Cortez berhasil meraih kemenangan pada pemilu lokal karena memiliki dukungan akar rumput yang kuat.

“Saya kira kekuatan utama saya adalah gerakan akar rumput yang bekerja selama 24 hingga 48 jam,” kata Alexandria.

“Saya didukung komunitas yang bergerak terus. Saya tinggal di komunitas ini. Saya mengelola komunitas ini. Saya merasa tidak adanya petahana disini. Saya tahu kehadiran Crowley disini tidak kuat,” sambungnya.

Beberapa poin penting yang menjadi perjuangan Alexandria Ocasio-Cortez adalah perawatan kesehatan universial, jaminan pekerjaan federal, serta ikut memperjuangkan hak-hak para migran.

http://inthesetimes.com

Selama pertarungan itu Ocasio-Cortez sempat terpental dengan selisih suara 18 banding 1. Tetapi ia kemudian memenangkan dukungan dari beberapa kelompok kiri yang berpengaruh dalam Partai Demokrat, termasuk “MoveOn” dan aktris Cynthia Nixon yang juga bertarung untuk menjadi Gubernur New York. Ocasio-Cortez mengalahkan Crowley dengan perbedaan suara sebanyak 15 persen.

BACA JUGA :  90 Petugas KPPS Meninggal Dunia dan 374 Sakit! Jusuf Kalla: Pemilu Serentak Harus Dipisahkan!

“Kamu harus memberikan negara ini harapan. Kamu harus memberikan negeri ini bukti ketika kamu membuka pintu tetanggamu,” ujarnya.

“Ketika kamu datang ke masyarakat dengan cinta, ketika kamu mengenalkan diri kepada mereka, kamu ada untuk mereka. Untuk itulah kita akan membuat perubahan,” tegasnya.

Disisi lain, Crowley menyampaikan ucapan selamat kepada Ocasio-Cortez.

“Ini bukan tentang saya. Ini tentang Amerika. Saya berdoa yang terbaik bagi Ocasio-Cortez. Saya ingin ia menang,” ujarnya.

Ocasio-Cortez merupakan anak dari seorang ibu asal Puerto Rico dan seorang ayah yang meninggal 2008. Ia lahir di Bronx dan kuliah di Universitas Boston dan meraih gelar di bidang ekonomi dan hubungan internasional, sambil bekerja di kantor Senator Edward Kennedy. Setelah lulus, ia kembali ke Bronx untuk menjadi pengelola masyarakat. Pada pemilu presiden 2016 ia bekerja bagi Senator Bernie Sanders.

Related posts