Perempuan di Arab Saudi Resmi Diizinkan Mengemudi

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Pemerintah Arab Saudi resmi mengizinkan perempuan mengemudi mulai Minggu (24/6/2018) lalu. Kebijakan tersebut mengakhiri satu-satunya larangan mengemudi perempuan di sebuah negara.

Kebijakan tersebut membuat munculnya banyak sekolah-sekolah mengemudi untuk perempuan di berbagai kota seperti Riyadh dan Jeddah. Di sekolah-sekolah tersebut para perempuan berlatih mengemudi mobil dan sepeda motor Harley Davidson.

Read More

Selain itu, Saudi juga telah membentuk pengawas kecelakaan mobil perempuan untuk merespons kecelakaan yang melibatkan pengemudi perempuan.

Adanya kebijakan tersebut membuat perempuan Saudi mengungkapkan rasa bahagianya melalui media sosial. Kebijakan tersebut juga menuai banyak komentar positif.

https://www.voaindonesia.com

“Ini merupakan momen bersejarah bagi setiap perempuan Saudi,” kata pembaca acara televisi Saudi, Sabika al-Dosari, kepada kantor berita AFP.

Dia mengaku telah merasakan berkendara beberapa menit setelah larangan mengemudi dicabut pada Sabtu (23/6) tengah malam waktu setempat.

Selain Sabika, mahasiswi jurusan farmasi, Hatoun bin Dakhil juga mengungkapkan bahwa dirinya tidak perlu lagi menunggu supir selama berjam-jam.

“Hari-hari ketika kami menunggu supir selama berjam-jam telah berakhir,” kata Hatoun bin Dakhil, 21 tahun.

https://dunia.tempo.co

Keputusan mencabut larangan tersebut merupakan bagian dari langkah modernisasi dari Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS). Kebijakan tersebut menjadi langkah besar saat Saudi menghadapi dampak penurunan harga minyak global. Langkah ini diperkirakan mendorong jumlah perempuan yang bekerja. Menurut perkiraan Bloomberg, kebijakan ini dapat menambah output ekonomi hingga USD90 miliar pada 2030.

BACA JUGA :  Debat Perdana Pilpres 'Hambar', KPU Tuai Banyak Kritik

Meskipun pihak kerajaan telah secara resmi mencabut larangan mengemudi, namun beberapa pria Saudi tetap melakukan penolakan terhadap perempuan mengemudi. Mereka menggunakan tanda pagar di media sosial, yang jika diterjemahkan berarti, ‘Kamu tidak akan menyetir’.

Selain mengizinkan perempuan mengemudi, Arab Saudi juga telah membuka bioskop dan mengizinkan perempuan untuk menonton pertandingan sepak bola di stadion.

Meskipun demikian, masih ada sejumlah hal-hal yang tidak boleh dilakukan perempuan Saudi, semisal membuka rekening bank sendiri. Untuk membuka rekening bank atau bepergian, perempuan Saudi masih harus didampingi kerabat pria atau dibekali izin tertulis dari ayah atau suami.

Smartgirl, mau coba mengemudi di Arab Saudi nggak nih?

Related posts