Pertama Kali Sejak 1979, Perempuan Iran Diizinkan Menonton Sepak Bola di Stadion

  • Whatsapp
  • GIRLISME.COM – Untuk pertama kalinya, perempuan di Iran diizinkan untuk menonton siaran langsung Piala Dunia di stadion, bergabung dengan penggemar sepak bola pria yang lainnya.

Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya perempuan Iran yang mendatangi stadion Azahadi di ibu kota Teheran, Rabu (20/06) lalu untuk menyaksikan laga timnas Iran melawan Spanyol di Piala Dunia 2018 melalui layar lebar yang dipasang di dalam stadion.

Sebelumnya pihak berwenang di Stadon Azadi, Teheran, sempat menahan para perempuan tersebut untuk masuk ke stadion karena alasan teknis.

Read More

“Pertandingan antara Iran dan Spanyol tidak akan disiarkan di Stadion Azadi karena masalah infrastruktur. Karena tidak ada siaran, kami meminta dengan hormat untuk warga tercinta agar tidak datang ke stadion tersebut,” demikian pengumuman diberikan pihak stadion, dikutip dari Washington Post, Kamis (21/6).

Para suporter tersebut kemudian melakukan protes. Beberapa perempuan juga melakukan aksi duduk, dengan mengatakan mereka tidak akan pergi sampai mereka diizinkan masuk.

Video-video berisi aksi protes tersebut telah beredar di media sosial dengan tagar #Azadi_cancellation menjadi viral dan disebarkan hingga 2.000 kali dalam satu jam.

Setelah Menteri Dalam Negeri, Abdolreza Rahmani-Fazli, turun tangan, para suporter itu akhirnya dibiarkan masuk ke dalam stadion sekitar satu jam sebelum laga dimulai.

Salah satu anggota parlemen dari kubu reformis, Tayyebeh Siavashi, juga menulis di akun Twitter miliknya bahwa perempuan dan pria harus diizinkan untuk berbahagia bersama.

Momen bersejarah tersebut juga membuat kapten timnas Spanyol, Sergio Ramos, ikut berkomentar. Melalui akun Twitter miliknya, Sergio Ramos mengatakan bahwa kemenangan timnas Spanyol milik perempuan Iran.

Semenjak Revolusi Iran pada 1979, kaum perempuan di negara tersebut memang tidak diperbolehkan menonton sepak bola di stadion. Hal tersebut terus menjadi pokok perdebatan hangat jelang perhelatan Piala Dunia 2018.

Sebelumnya, yaitu pada bulan Maret lalu, 35 perempuan Iran mencoba menyelinap ke Stadion Azadi untuk menyaksikan pertandingan dua klub sepak bola Iran. Namun mereka akhirnya ditahan oleh pihak berwenang.

Wah, kamu tertarik nonton sepak bola di Iran nggak nih Smartgirl?

BACA JUGA :  Hidung Pesek Bikin Nggak Percaya Diri? Nggak Lagi Dong Ya! Ini Nih 5 Alasan Kenapa Kamu Malah Harus Bersyukur dengan Hidung Pesekmu!

Related posts