Gelar Aksi Bersih-bersih Stadion, Suporter Jepang dan Senegal Dipuji

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Ada hal menarik yang terjadi usai pertandingan Jepang melawan Kolombia pada Piala Dunia 2018, Selasa (19/6/2018) malam WIB.

Dalam sebuah video yang beredar, terlihat para pendukung tim nasional Jepang melakukan aksi bersih-bersih stadion setelah Jepang berhasil mengalahkan Kolombia dengan skor 2-1 dalam pertandingan Grup H.

Read More

Dalam video tersebut terlihat para fans timnas Jepang membawa kantong plastik berwarna biru guna memunguti sampah di tribun stadion Mordovia Arena di Saransk, Rusia.

Aksi tersebut mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat dunia.

“Ini adalah momen favorit saya di Piala Dunia sejauh ini; penggemar Jepang memunguti sampah setelah kemenangan mereka atas Kolombia. Pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari pertandingan ini. Mengapa saya mendukung Jepang,” kata pengguna Twitter @Coachmckaig yang di-retweet tak kurang 2.467 kali.

Seorang jurnalis sepak bola asal Jepang, Scott McIntyre juga mengatakan bahwa bersih-bersih setelah mengikuti acara olahraga bukan hanya bagian dari sepakbola, tetapi bagian dari budaya Jepang.

“Anda sering mendengar orang yang mengatakan bahwa sepakbola adalah cerminan budaya. Aspek penting masyarakat Jepang yaitu memastikan semuanya benar-benar bersih dan itulah yang terjadi di semua acara olahraga, tentu juga dalam sepakbola,” kata McIntyre.

Bahkan di negaranya sendriri, masyarakat Jepang juga berani menegur suporter asing ketika meninggalkan sampah di stadion.

“Mereka (suporter Jepang) akan menepuk pundak (fans asing) untuk menandakan bahwa seharusnya mereka membersihkan sampahnya dan tidak meninggalkan di stadion,” sambungnya.

Seoarang profesor dari Osaka University, Scott North, juga mengatakan bahwa membersihkan sampah setelah pertandingan sepak bola telah diajarkan sejak kecil di Jepang.

“Membersihkan sampah usai pertandingan sepak bola adalah perpanjangan dari kebiasaan yang diajarkan di sekolah. Anak-anak (diajarkan) membersihan ruang kelas dan koridor. Dengan budaya yang diajarkan di masa kecil, terbawa ke seluruh populasi Jepang,” ungkap Scott North.

Aksi serupa juga dilakukan oleh fans timnas Senegal setelah kesebelasannya membantai Polandia dengan skor 2-1. Para fans timnas Senegal tersebut mengaku ingin menunjukkan rasa hormat melalui aksi bersih-bersih pada sektor mereka.

Wah Smartgirl, kamu tertarik nggak nih untuk mengukiti jejak fans timnas Jepang dan Senegal itu?

BACA JUGA :  Arti Kode Yang diberikan Mantanmu

Related posts