Kakorlantas Polri Prediksi Arus Balik 2018 Terjadi Dua Kali, Pemudik Dihimbau Hindari Tiga Tanggal Ini

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Polri dan sejumlah instansi lain telah menyiapkan berbagai langkah untuk menghindari kemacetan arus balik 2018 agar tetap lancar.

Sejumlah fasilitas hingga rekayasa lalu lintas di sepanjang tol juga akan dimaksimalkan. Contohnya adalah skenarioa contraflow dan one way di daerah Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Metro Jaya.

Read More

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolda Jabar Irjen Polisi Agung Budi Maryoto. Agung mengatakan bahwa Jawa Barat akan menjadi kantong pemudik yang pulang ke Jakarta.

http://jabar.tribunnews.com

Dia menyebutkan, apabila terjadi kemacetan di wilayah Jawa Tengah, maka wilayah Jawa Barat sudah menyiapkan dua skenario yakni contraflow dan one way.

“Kalau contraflow di ruas titik tertentu dan one way manakala diperlukan pada saat arus mudik setelah korlantas mengevaluasi dan analisis, kemudian di Cikarut juga sama,” sebut dia.

Irjen Polisi Agung juga mengatakan bahwa akan ada penambahan toilet portabel khusus perempuan, hingga pasokan bahan bakar di setiap rest area serta petugas medis.

“Terutama toilet portabel untuk perempuan akan kami tambah minimal 12 dengan papan petunjuk yang lebih jelas. Kalau untuk laki-laki sampai 50 tapi bentuknya tradisional seperti bilik, tujuan utama penambahan toilet agar tidak lama di rest area,” sebut dia.

Kakorlantas Polri Irjen Polisi Royke Lumowa juga mengatakan bahwa arus balik 2018 akan terjadi dua kali pada tahun ini.

BACA JUGA :  Nur Wijaya Kusuma, Mahasiswa Termuda UGM yang Berusia 15 Tahun

“Yang pertama arus balik Lebaran yang diprediksi minggu depan dan arus balik saat libur sekolah berakhir,” ujar dia usai rapat koordinasi lintas sektoral persiapan arus balik Lebaran 1439 H di Rest Area KM 208 Tol Palikanci Cirebon, Minggu (17/6).

http://www.tribunnews.com

Royke menyebutkan puncak arus balik diprediksi terjadi pada 19, 20, dan 24 Juni 2018. Oleh karena itu, pemudik dihimbau untuk menghindari tanggal-tanggal tersebut.

Untuk tanggal 19 dan 20 Juni diprediksi merupakan puncak arus balik Lebaran pertama. Sementara pada 24 Juni merupakan puncak arus balik kedua setelah libur sekolah.

“Libur Lebarannya kan lama jadi kalau bisa balik ke Jakarta di luar tanggal yang sudah kami prediksi tadi saja agar tidak terkena macet dan terlalu jenuh di jalan,” ungkapnya.

Korlantas Polri juga menyebutkan sejumlah titik rawan macet sepanjang arus balik Lebaran 2018, yakni dari arah Timur di Nengkreng, Kali Genteng Salatiga, Gate Manyaran Semarang, Gate Kalikuto, Gate Kertasari, Gate Palimanan dan Cikarut.

Selain itu. pada momen arus balik nanti, Royke juga menghimbau agar pengendara memanfaatkan rest area yang sepi. Termasuk rest area yang ada di sepanjang tol fungsional.

“Seperti di KM 282 dan 219 jangan coba-coba spekulasi walaupun BBM masih cukup dan perut belum lapar mampir saja untuk antisipasi di rest area yang tidak terlalu banyak kendaraan saat arus balik berlangsung,” ujar dia.

Kalau kamu sendiri rencananya mau balik tanggal berapa nih Smartgirl?

Related posts