Tips Mengatasi Noda yang Kerap Bertamu Setiap Bulan (PMS)

  • Whatsapp

Setiap wanita normal tentunya harus siap menemui tamu yang memiliki jadwal rutin berkunjung tersendiri ini setiap bulannya, atau yang kerap kali kita sebut menstruasi. Selain harus menghadapi emosi yang tidak stabil, darah haid yang seringkali menodai baju atau sprai tidur tidak jarang membuat kita membenci tamu bulanan yang satu ini. Jangan khawatir sahabat Girl is Me!, kita punya beberapa tips nih untuk membersihkan ‘masalah’ ini. Dilansir dari berikut adalah tips-tipsnya:

1. Menyerap noda sebelum menghilangkannya

Dilansir dari wikihow.com, . yang pertama harus dilakukan adalah menggunakan kain bersih untuk menyerap darah yang menodai kain yang dibasahi dengan air dingin, bukan air hangat. Hal ini disebabkan, air hangat karena akan membuat darah semakin meresap ke dalam serat kain dan menempel secara permanen.

Read More

Kemudian selanjutnya, gunakan kain kering untuk menyerap darah pada kasur sekali lagi. Perlu sobat Girl is Me ketahui,  jangan menggosok kain saat membersihkan noda karena dapat menyebabkan noda menyebar atau meresap semakin dalam ke kain. Cukup tekan-tekan kain untuk menyerap cairan. Tips yang pertama ini sangat disarankan untuk dilakukan sebelum mencoba tips-tips yang lain karena merupakan metode yang paling lembut. Jika noda darah tidak mau hilang setelah menggunakan cara ini, baru dilanjutkan dengan metode yang lain.

BACA JUGA :  4 Gaya Ini Selalu Hadir Di Drama Korea Yang Kamu Tonton Lho! Kamu Udah Punya Yang Mana Aja?

2. Menggunakan garam dan air dingin

Cara ini dapat digunakan oleh sobat Girl is Me jika cara pertama tidak cukup efektif untuk membersihkan noda darah yang menempel pada pakaian kamu. Caranya mudah, cukup campur garam dengan air dingin. Oleskan campuran tersebut ke bagian yang bernoda, kemudian bilas sekali lagi dengan air dingin. Setelah noda hilang, cuci pakaian seperti biasa.

3. Menggunakan Sabun batangan, Shampoo atau Pasta gigi

sobat Girl is Me pasti pernah mengalami hal yang satu ini. Ketika di kamar mandi, ternyata kamu mendapati ada noda darah di pakaian dalam. Jangan buru-buru kesal atau khawatir ya. Sobat Girl is Me bisa memanfaatkan peralatan kebersihan yang biasa tersedia di kamar mandi seperti sabun batangan, shampoo atau pasta gigi. Kandungan detergen pada barang-barang tersebut, dapat membantu membersihkan noda darah di pakaian dalam.

Sabun batangan atau shampoo dapat digunakan untuk membersihkan noda darah yang baru. Caranya dengan mengoleskan sabun batangan atau tuang shampo langsung pada noda yang sudah memudar dibilas dengan air dingin. Selagi mengucek bisa sedikit demi sedikit dibasuh dengan air agar noda darah mengalir dan hilang.

menghilangkan noda darah yang sudah kering, sobat Girl is Me dapat memanfaatkan pasta gigi. Caranya dengan mengoleskan pasta gigi langsung pada bagian yang bernoda, diamkan sampai kering, kemudian bilas dengan air dingin. Selanjutnya cuci seperti biasanya.

4. Menggunakan Amonia dan air

Cara yang terakhir ini lebih baik digunakan apabila tips-tips yang lain tidak cuku mempan ketika menghilangkan noda. Hal ini dikarenakan ammonia dalam kadar tertentu dapat merusak atau melunturkan warna pakaian. Oleh karena itu, lakukan tes awal dengan cara menguji pada kain bekas.

BACA JUGA :  Perempuan, Memangnya Kenapa Kalau Tidak Cantik?

Selanjutnya, gunakan amonia yang sudah dilarutkan untuk menghilangkan noda.  Isi botol semprotan dengan 1 sendok makan amonia dan 240 mililiter air dingin. Tutup botol dan kocok agar air dan amonia tercampur. Setelah itu, semprotkan campuran pada noda dan diamkan selama 30 sampai 60 detik. Tempelkan lap kering pada noda untuk mengangkat sisa campuran yang ada, kemudian cuci seprai menggunakan air dingin.

Nah, sekumpulan tips diatas semoga dapat membantu kamu untuk dapat menghadapi noda yang terkadang nggak bisa kamu hindari. Sebagai Smart Girl, kita harus bisa mengatasi tamu bulanan dengan sabar sekaligus cermat, ya !

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *