Mahasiswa Indonesia Memuka Audiens di China Lewat Opera Majapahit

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Pementasan Opera Majapahit dari kelompok mahasiswa Indonesia dan internasional memukau ratusan penonton di Harbin, China. Pementasan Opera Majapahit tersebut merupakan pertunjukan ketiga selama 3 tahun terakhir.

“Selama dua tahun berturut-turut ini tercatat bahwa Pelajar Indonesia yang tergabung dalam PPIT Harbin ini telah berhasil mementaskan lakon Rara Jonggrang (2016) dan Ken Arok (2017),” Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok Cabang Harbin, Samuel Gilbert dalam keterangannya, Selasa (5/6/2018).

Read More

https://www.goodnewsfromindonesia.id

Pertunjukan yang digelar di Gedung Activity Center, Harbin Institute of Technology (HIT), Harbin, China pada 27 Mei 2018 lalu dihadiri kurang lebih 500 penonton.

“Sekitar 500-an penonton yang memadati Gedung HIT memberi standing ovation usai menyaksikan pertunjukan teater,” tambahnya.

Pertunjukan yang bertajuk “Majapahit: The Golden Age of Archipelago” tersebut selain melibatkan puluhan pelajar Indonesia juga mengikutsertakan para pelajar asing yang berasal dari China, Korea Selatan, Rusia, Kazakhstan, India, Pakistan, Suriname, dan Bolivia. Mereka sukses menampilkan pertunjukan drama yang kontemporer dan elegan melalui paduan alur cerita, koreografi, musik, dan tarian selama kurang lebih 90 menit.

Selain menampilkan cerita tentang Majapahit, atraksi seni tersebut juga dimanfaatkan para anak bangsa untuk mempromosikan budaya-budaya Indonesia melalui beberapa cara seperti makanan-makanan khas Indonesia, mulai dari nasi kuning, pisang goreng, mie instan, dan tempe adalah beberapa kuliner yang tersaji untuk para pengunjung dari kota Harbin.

BACA JUGA :  Hingga Saat ini, Tercatat Jumlah Korban Tewas Tsunami Banten-Lampung Sebanyak 229 Orang

Upaya yang dilakukan oleh para mahasiswa PPI Tiongkok Harbin tersebut ditujukan untuk memperkenalkan Indonesia kepada dunia sebagai negara dan bangsa yang memiliki kekayaan budaya, suku, adat dan bahasa. Namun meski memiliki keragaman yang sangat luas, masyarakat Indonesia tetaplah menjadi bangsa yang bersatu.

Hal tersebut diampaikan oleh Delegasi Kementerian Pariwisata RI, Chandra. Ia berharap masyarakat internasional bisa semakin mengenal Indonesia dan semakin banyak yang berwisata ke Indonesia dengan adanya kegiatan seni tersebut.

Hal senada juga disampaikan Atase Pendidikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing, Priyanto Wibowo. Dia mengapresiasi pelajar Indonesia yang telah menampilkan pentas opera modern dengan menunjukkan kekayaan seni dan budaya Nusantara selama tiga tahun berturut-turut.

“Mudah-mudahan mereka bisa terus berkreasi untuk menyebarluaskan keanekaragaman budaya kita kepada dunia,” katanya.

Pementasan opera Majapahit ini didukung oleh KBRI Beijing, Kementerian Pariwisata RI, PPI Tiongkok, HIT, dan BLCI.

Wah, kalau kamu mau promosiin makanan Indonesia yang mana nih Smartgirl?

Related posts