Nggak Nyaman Sama Sikap Teman Kamu Tapi Nggak Berani Ngomong? Baca Dulu Tipsnya!

copyright by google.com

Punya temen yang nyebelin banget kelakuannya dan kamu merasa dia harus memperbaiki diri tapi nggak berani bilang nih? Jangan cuma dipendam ya sobat Girl Is Me! masalah-masalah ketidakcocokan dengan teman harus dibicarakan baik-baik ya dengan teman kamu. Nah, tapi bingung nih gimana bilangnya? Jangan khawatir ya, kita punya tips-tips nih untuk memberi masukan teman kamu. Apa aja sih? cek yuk!

  1. Lihat situasi dan kondisi si dia, jangan menyampaikan kritik ketika kamu dalam kondisi emosi

Poin paling inti nih, sobat Girl Is Me. ketika kamu pengen menyampaikan sesuatu hal yang kira-kira memiliki kemungkinan menyinggung orang tersebut, cobalah untuk mengondisikan keadaan dalam baik-baik saja. Sebab, ketika teman kamu itu sedang dalam situasi yang tidak nyaman dan kamu malah menyampaikan hal yang bikin dia tambah kesal, maka yang ada hubungan kalian jadi makin runyam, dan segala permasalahan dia akan dilimpahkan ke kamu.

Read More

Selain itu, situasi emosi kamu ketika menyampaikan masalah juga harus diperhatikan lho sobat Girl Is Me. jangan sampai kamu dalam kondisi yang sangat emosi dan malah jadi mengucapkan banyak hal yang nggak berarti. Haduh, jangan sampai ya!

 

  1. Mulai konversasi dengan membicarakan hal-hal yang positif

Jangan langsung pergi ke inti masalahnya ketika kamu berniat membicarakan baik-baik dengan teman kamu. Coba deh mulai konversasi dengan pujian, penghargaan dan sebagainya. Hal ini bisa bikin orang yang akan kamu beri kritik dan masukan jadi lebih nyaman dan terbuka untuk menerima perlakuan kamu nih sobat Girl Is Me!

 

  1. Pilah-pilih kata-kata yang akan disampaikan dengan hati-hati

Perlu diingat ya, sobat Girl Is Me! pemilihan kata-kata ketika kamu menyampaikan kritikan atau masukan itu sangat diperlukan lho. Misalnya nih, kata tetapi. Sebisa mungkin, gunakan kata yang setara makna seperti dan, atau, dsb. Hal ini sangat berpengaruh lho terhadap reaksi dan penerimaan orang yang mendapat kritik tersebut.

Gunakan bahasa yang tidak mengandung unsur memerintah, bossy, atau menuntut untuk memperbaiki. Cukup beri masukan dan menawarkan sebuah ajakan untuk memperbaiki diri ya. Oh iya, satu lagi yang menjadi poin penting. Gunakan Bahasa tubuh yang baik, jangan terlihat angkuh, mengintimidasi, dan seolah-olah kamu adalah yang paling benar ya!

  1. bicarakan juga masalahmu!

Jangan posisikan dia sebagai satu-satunya orang yang bermasalah ya sobat Girl Is Me! coba deh untuk menjadi teman dia ketika dia sedang salah. Ceritakan bahwa kamu pernah punya masalah yang sama, kemudian bantu dia menemukan solusinya. Jangan serta-merta menjatuhkannya karena kamu nggak satu-satunya yang selalu benar ya!

 

  1. Beri dia waktu untuk berpikir

yang terakhir, jangan pernah untuk memaksakan orang lain untuk memahami maksudmu dalam rentang waktu kamu berbicara. Kadangkala, dibutuhkan waktu untuk kamu lebih memahami maksud dari masukan orang lain. Kadang butuh waktu berpikir tanpa emosi dan lebih jernih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.