Klarifikasi Kemendagri Terkait Ditemukannya Sejumlah E-KTP yang Berserakan Di Jalanan

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Ditemukan ribuan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) berserakan di Jalan Raya Salabenda, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (26/5) lalu.

Berdasarkan infromasi yang didapatkan dari kesaksian seorang warga, kejadian tersebut terjadi ketika sebuah kardus terjatuh dari truk engkel yang melintas di kawasan tersebut.

Read More

“Banyak banget. E-KTP-nya itu tadi jatuh dari mobil engkel,” kata Ugan, salah satu saksi mata yang ditemui di lokasi, Minggu (27/5/2018).

Dia menambahkan, warga dan pengendara yang melihat peristiwa itu mencoba memberitahu kepada sopir truk. Usai memunguti e-KTP yang tercecer di jalan itu, sambungnya, sopir truk langsung melanjutkan kembali perjalanan ke arah Parung.

Kejadian tersebut juga dibenarkan oleh Kepala Polsek Kemang Komisaris Polisi, Ade Yusuf.

Ade mengatakan bahwa saat ini barang bukti sudah dibawa ke Mapolres Bogor untuk diperiksa.

“Untuk lebih jelasnya silahkan ke Pak Kapolres, karena perkaranya sudah dilampahkan ke sana. Barang bukti juga sudah dibawa dan ditangani Satreskrim Polres Bogor,” kata Ade.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh telah memberikan klarifikasi terkait kejadian tersebut.

http://www.tribunnews.com

Zudan menegaskan bahwa elektronik Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) yang berserakan disimpang Salabenda kawasan Bogor, Jawa Barat, merupakan KTP yang sudah usang atau rusak.

“Sudah mengecek ke lapangan, dipastikan e-KTP yang tercecer tersebut rusak,” ujar dia dalam keterangan tertulis, Minggu (27/5/18).

BACA JUGA :  Nur Wijaya Kusuma, Mahasiswa Termuda UGM yang Berusia 15 Tahun

Menurut Zudan, Rencananya KTP yang sudah usang tersebut akan dibawa ke gudang Kemendagri, di kawasan Semplak Kabupaten Bogor. Namun, dari diperjalanan menuju lokasi KTP itu terjatuh.

Dari informasi yang didapat Zudan menerangkan, semua e-KTP yang berserakan sudah diamankan dan di kembalikan ke mobil pengangkut.

Terkait informasi Jatuhnya e-KTP yang usang berkarung-karung, Zudan mengaku tak mengetahui secara pasti. Namun ia memastikan bahwa jumlah e-KTP yang terjatuh tidak sampai berkarung-karung.

“jadi, Bukan berkarung-karung,” kata Zudan.

“Untuk itu saya mohon bantuan agar berkenan menyampaikan klarifikasi saya ini agar masyarakat luas mendapatkan penjelasan yang resmi dan yang sebenarnya,” sambungnya.

Smartgirl, kalau menurut kamu, kira-kira kenapa ya e-KTP itu bisa jatuh berserakan?

Related posts