Marcella Zalianty Kenalkan Kisah Keumalahayati, Sang Laksamana Perempuan Pertama Indonesia Lewat Sebuah Komik

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Artis peran Marcella Zalianty menjadi produser untuk sebuah komik berjudul Keumalahayati: Laksamana Perempuan Pertama. Marcella mengaku bahwa pembuatan komik tersebut terinspirasi dari “spirit” kisah jagoan fiktif Wonder Woman.

Read More

https://photo.sindonews.com

“Saya sangat terinspirasi Wonder Women. Karena Indonesia negara maritim terkuat, kami pinjam kisah Keumalahayati, tokoh maritim yang kuat,” ucap Marcella dalam peluncuran komik Keumalahayati di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Senin (21/5/2018).

Kisah Keumalahayati tak kalah menarik dengan sosok perempuan pahlawan lain seperti R.A. Kartini dan Cut Nyak Dhien.

Keumalahayati merupakan perempuan pejuang dari Aceh. Menurut Marcella Zalianty, mengangkat figur Keumalahayati merupakan tanggung jawab sejarah. Ia menganggap figur laksmana perempuan pertama Indonesia itu penting untuk dikenal generasi muda masa kini.

Pada abad ke-16, suami Keumalahayati tewas dibunuh Belanda. Hal tersebut membuatnya dendam pada kaum penjajah.

Kemudian, Sultan Aceh mengangkatnya sebagai salah satu pemimpin militer, menggantikan posisi suaminya. Kemungkinan besar, Keumalahayati adalah perempuan pertama di dunia yang menjabat posisi laksamana. Ia memimpin ribuan janda perang dari Kesultanan Aceh untuk bertarung melawan penjajah. Pada kesempatan tarung satu lawan satu, Keumalahayati berhasil membunuh kapten armada Belanda, Cornelis de Houtman.

“Keumalahayati memberikan semangat dan inspirasi kepada kita bahwa perempuan bisa menentukan nasibnya sendiri,” ujar Marcella.

“Keumalahayati bagi saya mempresentasikan sosok yang, ibaratnya, bukan lagi tanah yang menumbuhkan, melainkan sebagai laut yang menyuarakan keberanian karena harga diri tanah airnya merupakan harga dirinya sebagai perempuan,” lanjutnya.

BACA JUGA :  Dimas Djay, Kreator Dibalik Iklan Ramayana Versi Kasidah yang Viral

Agar sosok Keumalahayati bisa mudah dekat dengam kaum muda Indonesia, Marcella Zalianty memilih medium komik. Komik identik dengan generasi muda.

“Kami mulai dengan komik supaya bisa masuk ke generasi millenials. Komik dengan gambar visual bisa masuk ke semua golongan,” ucap Marcella.

Untuk komik Keumalahayati, Marcella menggandeng dua komikus handal Indonesia, Ardian Syaf (mantan komikus Marvel Comics) dan Aris Naka Abee. Sedangkan untuk ceritanya, ia mempercayakan kepada penulis Edna Caroline, pemenang KASAU Award 2017 bidang jurnalistik.

Komik Keumalahayati edisi pertama diterbitkan dalam 40 halaman oleh Penerbit KPG.

“Insya Allah rencananya ada dua episode dan ada special edition, karena tidak mungkin semua kami ceritakan di komik,” kata Marcella.

“Jadi, dalam komik kami buat prolog. Yang penting masyarakat dan generasi muda sudah memahami tokoh Keumalahayati ini,” tambahnya.

Smartgirl, kamu pasti sudah nggak sabar kan mau baca komik Keumalah

Related posts