Dasar K******! Husss.. Smartgirl Kalau Lagi Puasa Nggak Boleh Ngumpat Tau!

  • Whatsapp

GIRLISME.COM — Kebiasaan berkata kotor atau bernada umpatan tentu sangat tidak baik bagi diri kita. Apalagi kalau hal itu membuat kita di judge lingkungan karena sering mengeluarkan kata kotor. Belum lagi kalau bulan puasa secara tidak sadar mungkin kita mengumpat atau berkata kotor. Gimana ya hukumnya?

1. Mau gimana lagi kadang nggak sengaja ngomong kotor gitu karena saking sebelnya! batal nggak ya puasanya?

ada hadist berkaitan dengan hal tersebut berikut ini dikutip dari konsultasisyariah.com :

Read More

“Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta, selalu mengerjakannya dan tidak meninggalkan kebodohan, maka Allah tidak akan memberikan pahala atas puasanya.” (HR. al-Bukhari)

Saat berpuasa sebenarnya kita diminta untuk meningkatkan ketaqwaan kita pada Allah kalau ternyata kita masih mendekati hal-hal yang membuat pahala puasa kita berkurang, bisa jadi puasa kita tidak ada nilai ibadahnya. Jadi intinya kalau lagi puasa lebih baik kita menahan diri untuk melakukan hal-hal yang dapat mengurangi pahala puasa kita.

2. Nggak cuma saat puasa Ramadhan tapi saat kita memang sedang puasa pasti nggak boleh kan ngomong kotor?

Ini benar ya Smartgirl, nggak boleh berbicara umpatan-umpatan itu atau bisa saja kita tidak mendapat pahala puasanya hanya dapat lapar dan haus saja. So, Smartgirl harus rubah kebiasaan berbicara kotor ini.

BACA JUGA :  Anak Kamu Perempuan? Ih Siap-siap Aja Kena Sial, Perempuan Hebat Itu Kalau Bisa Melahirkan Anak Laki-laki...

3. Lebih baik rubah dari saat ini daripada pahala puasamu berkurang setiap tahun..

Memang secara harfiah mengumpat tidak membuat puasa batal namun sungguh disayangkan ya Smartgirl kalau banyak yang saat puasa tetap mengumpat dan tidak menjaga diri. Berapa banyak pahala yang akan berkurang apalagi di bulan Ramadhan yang hanya datangnya setahun sekali, belum tentu Ramadhan tahun depan kita bisa bertemu lagi.

Itu dia penjelasannya semoga bermanfaat 🙂

Related posts