Gimana Nih Tadi Aku Nggak Sahur? Sah Nggak Ya Puasanya? Ini Penjelasannya…

  • Whatsapp

GIRLISME.COM — Moment penting saat bulan puasa selain berbuka adalah momen sahur. Momen sahur ini menjadi momen-momen yang krusial apabila kita tinggal sendiri atau hidup sendiri, karena terkadang alarm tidak bisa membantu kita bangun sahur karena sering kita sepelekan. Nah Smartgirl ada nih legenda tentang sahur yang terkadang menjadi simpang siur dikalangan orang muslim. Ini dia penjelasannya…

1. Sahur itu Wajib atau Sunnah sih?

Dikutip dari konsultasisyariah.com ada hadits berkaitan dengan sahur saat puasa

Read More

دخل علي النبي صلى الله عليه وسلم ذات يوم فقال: «هل عندكم شيء؟» فقلنا: لا، قال: «فإني إذن صائم»

“Suatu hari, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menemui kami, dan bertanya, ‘Apakah kalian punya makanan?‘ Kami menjawab, ‘Tidak.’ Kemudian beliau bersabda: “Kalau begitu, saya akan puasa.”. (HR. Muslim 1154, Nasai 2324, Turmudzi 733).

Dari hadits diatas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Rasulullah SAW pernah puasa tanpa sahur terlebih dahulu.

2. Boleh tidak Puasa tanpa sahur terlebih dahulu…

Pada dasarnya puasa tanpa sahur itu boleh buktinya Rasulullah pernah puasa tanpa sahur terlebih dahulu. Tetapi tentunya ini tidak dianjurkan ya Smartgirl karena bagaimanapun kita akan menahan lapar dan haus seharian sehingga kita membutuhkan tenaga yang cukup untuk bisa puasa dengan maksimal keesokan harinya.

BACA JUGA :  Selamat Menikmati Waktu Indonesia Bagian Malam...

3. Ada yang bilang puasa tanpa sahur itu  nggak sah! bener nggak sih?

Sebenarnya kenapa anggapan ini muncul karena sahur itu adalah bagian tanggung jawab dari diri kita agar kita tidak mendzolimi diri sendiri. Bagaimanapun jika kita tidak sahur saat keesokan harinya puasa, pasti akan merasa lemas, apalagi yang memiliki penyakit tertentu, pasti harus sahur agar bisa puasa. Kemudian muncullah anggapan ‘kalau nggak sahur puasa nggak sah’ itu dikarenakan sebagai pengingat diri agar tidak mendzolimi diri sendiri dan sebagai pengingat tanggung jawab kita untuk menyayangi diri sendiri.

Nah itu dia Smartgirl penjelasan tentang kalau nggak sahur puasa nggak sah. Semoga bermanfaat ya! Selamat Berpuasa 🙂

Related posts