Wanita Bercadar Gelar Aksi ‘Peluk Saya’ Untuk Hilangkan Islamofobia

  • Whatsapp

GIRLISME.COM– Aksi serangan bom bunuh diri yang dilakukan Puji Kuswati, wanita berhijab di gereja, Surabaya menimbulkan fobia terhadap muslimah berhijab dan bercadar. Kejadian tersebut membuat banyak kalangan memandang wanita berhijab dan bercadar dengan sebelah mata.

Hal tersebut membuat sebuah komunitas muslim bergerak dengan melakukan aksi ‘Peluk Saya’. Aksi yang digelar di Patung Kuda, Jakarta Pusat pukul 07.00 WIB, Minggu (20/5/2018) tersebut bertujuan untuk menghilangkan fobia terhadap wanita yang berhijab dan bercadar.

Read More

Para peserta aksi yang kebanyakan adalah wanita yang memakai burka terlihat membawa kertas bertuliskan ‘Peluk Saya Jika Kehadiran Saya Membuat Anda Nyaman’, ‘Aku Percaya Padamu, Apakah Kamu Percaya Padaku? Maka Peluk Saya!’.

https://kumparan.com

Aksi tersebut dilakukan PB PMII bersama komunitas Hafidz Qur’an on the Street Yayasan Askar Kauny.

Salah seorang hafidz, Shellviana Aqilah, menjelaskan makna ‘Peluk Saya’ sebagai tanda kasih sayang dan bentuk rasa aman kepada wanita bercadar.

“Kata peluk itu sendiri menandakan rasa nyaman dan kasih sayang,” ujar Aqilah kepada media.

Aqilah menjelaskan, aksi teror beberapa waktu terakhir memberikan citra buruk kepada Islam, yang sejatinya adalah rahmat bagi semesta alam.

“Akhir-akhir ini ada teroris yang mengatasnamakan Islam dan memakai identitas ciri keislaman seperti cadar. Itu memberikan image buruk tentang Islam yang rahmatan lil ‘alamin,” jelas dia.

Ia menjelaskan bahwa muslimah bercadar bukanlah ciri-ciri teroris. Sebagai wanita yang mengenakan cadar, Aqilah secara keras menentang segala macam aksi terorisme.

BACA JUGA :  Smartgirl Ini Lho Amalan Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Sedang Haid! Ayo Di Bulan Ramadhan Ini Jangan Mau Ketinggalan Beramal Ya!

“Saya mau memberikan kenyamanan kepada masyarakat bahwa kami yang bercadar bukanlah ciri teroris. Kami menentang keras aksi terorisme dalam bentuk apapun,” tutup dia.

Selain Aqilah, Endang yang juga merupakan aktivis aksi tersebut, mengatakan aksi ini mendapat apresiasi dari masyarakat luas.

” Lumayan juga sih tadi banyak yang meluk,” kata Endang.

Endang mengatakan gagasan mengenai aksi ini diambil dari pengalaman sejumlah perempuan bercadar di beberapa daerah. Mereka, kata dia, kerap mendapat stigma dekat dengan teror yang terjadi.

Selain Aqilah dan Endang, artis Kartika Putri juga ikut hadir dan memberi dukungan kepada aktivis dalam aksi tersebut.

“Ternyata yang datang bukan cuma muslimah, puasa-puasa ya berkah, terimakasih banyak ya,” kata Kartika Putri di lokasi.

Nah Smartgirl, kamu tertarik nggak untuk melakukan aksi ‘Peluk Saya’ tersebut?

Related posts