Duh Aku Lupa Kan Lagi Puasa Kok Minum Ya? Batal Nih Puasanya! Eh Enggak Tau! Ini Smartgirl Penjelasannya..

  • Whatsapp

GIRLISME.COM — Smartgirl pernah nggak sih waktu bulan Ramadhan sedang menjalankan puasa tapi karena terlalu fokus sama suatu hal jadi lupa kalau sedang puasa, minum deh! Ada yang bilang kalau puasanya batal ada juga yang bilang nggak batal yang bener gimana ya?

1. Ada Hadits yang menyinggung tentang hal ini…

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رضي الله عنه – قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – – مَنْ نَسِيَ وَهُوَ صَائِمٌ, فَأَكَلَ أَوْ شَرِبَ, فَلْيُتِمَّ صَوْمَهُ, فَإِنَّمَا أَطْعَمَهُ اَللَّهُ وَسَقَاهُ – مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Read More

وَلِلْحَاكِمِ: – مَنْ أَفْطَرَ فِي رَمَضَانَ نَاسِيًا فَلَا قَضَاءَ عَلَيْهِ وَلَا كَفَّارَةَ – وَهُوَ صَحِيحٌ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang lupa sedang ia dalam keadaan puasa lalu ia makan atau minum, maka hendaklah ia sempurnakan puasanya karena kala itu Allah yang memberi ia makan dan minum.” (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari no. 1933 dan Muslim no. 1155).

Sumber : https://rumaysho.com/3479-makan-dan-minum-dalam-keadaan-lupa-saat-puasa.html

2. Ada yang bilang kalau puasa dan lupa sedang dalam keadaan berpuasa wajib mengganti puasanya! bener nggak sih?

Jadi Smartgirl ada riwayat lain yang mengatakan, seperti yang dikutip dari Rumayso.com, “Barang siapa yang berbuka di Bulan Ramadhan dalam keadaan lupa, maka tidak ada qodho’ atas puasanya dan ia boleh menyempurnakan puasanya” Hadits ini shahih kata Ibnu Hajar.

BACA JUGA :  Kalau Naik Gunung Jangan Berlima! Kenapa? Nanti Katanya Hilang Satu...

Dari hadits diatas dapat kita pahami ya Smartgirl bahwa jika kita lupa bahwa sedang puasa kemudian minum maka kita tidak perlu untuk mengganti puasa kita. Kita tetap bisa melanjutkan puasa seperti biasa di hari itu hingga waktunya berbuka puasa.

3. Kenapa sih kok kita bisa lupa kalau kita lagi puasa trus minum?

Smartgirl patut di maklumi bahwa lupa adalah kondisi alamiah dari manusia apalagi kalau memang ada keturunan penyakit atau memang sudah berumur sehingga daya ingatnya melemah. Jika dikaitkan dengan hadist di point no 1, dapat ditafsirkan bahwa saat kondisi lupa itu sebenarnya Allah sedang memberi kita makan dan mi namun bukan dalam kondisi kesengajaan untuk lupa ya Smartgirl. Benar-benar karena itu diluar kendali kesadaran kita.

itu penjelasan singkat soal mengganti puasa ketika lupa, semoga bermanfaat! 🙂

Related posts