Kalau Puasa Itu Enaknya Tidur Aja Kan Bernilai Ibadah! Sembarangan! Tidur Yang Gimana Dulu.. Ini Penjelasannya

  • Whatsapp

GIRLISME.COM — Bulan Ramadhan telah tiba, di bulan yang suci ini tentu banyak umat Islam berlomba-lomba untuk memperbanyak kebaikan. Bahkan katanya orang yang berpuasa lalu tidur, tidurnya itu bernilai pahala. Benarkah?

1. Tidurnya orang puasa adalah Ibadah…

Dikutip dari Rumayso menyebutkan hal itu didukung oleh hadits berikut ini :

Read More

نَوْمُ الصَّائِمِ عِبَادَةٌ ، وَصُمْتُهُ تَسْبِيْحٌ ، وَدُعَاؤُهُ مُسْتَجَابٌ ، وَعَمَلُهُ مُضَاعَفٌ

“Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah. Diamnya adalah tasbih. Do’anya adalah do’a yang mustajab. Pahala amalannya pun akan dilipatgandakan.”

Perowi hadits ini adalah ‘Abdullah bin Aufi. Hadits ini dibawakan oleh Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman 3/1437. Dalam hadits ini terdapat Ma’ruf bin Hasan dan dia adalah perowi yang dho’if (lemah). Juga dalam hadits ini terdapat Sulaiman bin ‘Amr yang lebih dho’if dari Ma’ruf bin Hasan.

(Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Benarkah Tidur Saat Puasa Adalah Ibadah? Ini Penjelasannya, http://www.tribunnews.com/ramadan/2017/05/28/benarkah-tidur-saat-puasa-adalah-ibadah-ini-penjelasannya.Editor: Hendra Gunawan

2. Dari Pernyataan Diatas disebutkan bahwa hadits tersebut adalah jenis hadist yang lemah..

Dari paparan diatas dijelaskan bahwa hadits tersebut termasuk kedalam hadits dhoif atau lemah sehingga hadits ini kurang kuat untuk digunakan sebagai dalil atau dasar dalam melakukan sesuatu.

BACA JUGA :  Ihhh Ngerinya! Menato Badan Katanya Bisa Jadi Tempat Berdiam Mahluk Halus Lho!

3. Lalu bagaimana tidur yang bernilai ibadah itu?

Smartgirl memang ternyata tidur yang bernilai ibadah bukanlah tidur yang asal-asalan. Tidur yang dimaksudkan bernilai ibadah adalah tidur yang diniatkan untuk meraih ridho Allah SWT. Jika tidur diniatkan hanya untuk bermalas-malasan dari pagi hingga sore sampai meninggalkan sholat pula tidur itu tidak memiliki nilai ibadah sama sekali.

Nah itu penjelasan soal tidur bernilai ibadah. Semoga bermanfaat 🙂

 

Related posts