6 Wisata Alam Tersembunyi di Kota Magelang

Apa yang terbesit di benak kamu ketika mendengar kata Magelang? Pasti kamu akan langsung teringat akan kemegahan Candi Borobudur yang merupakan salah satu keajaiban dunia, kan? Eits, tapi jangan salah.

Selain Candi Borobudur, Magelang juga memiliki banyak tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam yang begitu indah, karena kota kecil ini merupakan satu-satunya wilayah yang dikelilingi oleh lima gunung sekaligus, mulai dari Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, dan Sumbing. Penasaran dengan tempat wisata di Magelang yang bisa kamu kunjungi? Stay tune di artikel ini ya girls …

Read More

1. Bukit Grenden

copyright by viva.co.id

Bukit Grenden ini merupakan kawasan wisata hutan pinus yang baru ngehits karena foto-foto di sosial media. Lokasinya ada di Desa Pogalan, kecamatan Pakis, kabupaten Magelang. Spot favorit di sana adalah Rumah Kurcaci, Gardu Pandang, dan hammock. Di sini kamu juga bisa menikmati keindahan sunset dan sunrise yang sangat eksotis.

Gardu Pandang Hutan Pinus Kragilan

Satu lagi tempat wisata bagi kamu yang suka selfie, yaitu Hutan Pinus Kragilan. Di sini, kamu akan menemukan berbagai spot menarik seperti Rumah Pohon, Mountain Wing, dan Gardu Pandang dengan hiasan berbentuk love.

2. Ketep Pass

copyright by hobiholiday.com

Berjarak 30 meter dari Candi Borobudur, Ketep Pass dibangun dengan fasilitas yang cukup memanjakan siapapun yang datang ke sini. Fasilitas pertama yang bisa ditemui adalah Museum Vulkanologi yang berisi dokumen-dokumen kegunungapian, miniatur dari Gunung Merapi, beberapa contoh batu bukti letusan, dan beberapa poster peringatan tentang gunung berapi. Kemudian kamu bisa melihat film sejarah dari peristiwa meletusnya Gunung Merapi, penelitian, jalur pendakian, bebagai peristiwa yang terjadi dalam waktu tertentu di bioskop mini, ada juga teropong dan pelataran Panca Arga untuk melihat dengan jelas keindahan panorama lima gunung. Selain itu ada pula restoran Ketep Pass dan gardu pandang untuk melihat hamparan lahan pertanian yang berada di kaki Gunung Merbabu. Mau ke sana?

3. Punthuk Setumbu

copyright by matta-tour.com

Ingin menyaksikan pemandangan matahari terbit yang dibarengi dengan pemandangan Candi Borobudur sekaligus Gunung Merapi dan Merbabu? Punthuk Setumbu adalah tempat terbaik buat kamu mengambil moment saat matahari mulai menampakkan sinarnya. Bermula setelah seorang fotografer mengabadikan sunrise di tempat ini, banyak orang kemudian berbondong-bondong ke bukit setinggi kurang lebih 400 meter di atas permukaan laut yang tadinya merupakan ladang penduduk yang terletak di gugusan Pegunungan Menoreh. Waktu yang tepat untuk kamu pergi ke tempat ini adalah saat musim kemarau, dan sebaiknya datang sebelum pukul lima pagi agar bisa melihat matahari untuk mendapatkan pemandangan sunrise terbaik.

4. Candi Pawon

copyright by lastminute.com

Nama ‘Pawon’ berasal dari kata ‘awu’ yang dalam bahasa Jawa berarti ‘abu’. Jadi, nama Pawon berarti perabuan. Tidak seperti candi yang lain, fungsi Candi Pawon adalah sebagai tempat penyimpanan senjata. Berlokasi di Desa Brojolan, kecamatan Borobudur Candi pawon hanya berjarak 1750 meter dari Candi Borobudur dan 1150 meter dari Candi Mendut berada diantara kedua candi itu.

5. Candi Mendut

copyright by magelangonline

Selain ada Candi Borobudur dan Candi Pawon, Candi Mendut ini juga patut untuk dikunjungi. Hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari Candi Borobudur, candi ini masih aktif digunakan untuk tempat ibadah umat Budha. Memiliki tiga patung Budha yakni Budha Sakyamuni, Bodhisattva Avalokiteswara dan Maitreya, Candi Mendut dipercaya memiliki usia yang lebih tua dari Candi Borobudur.

6. Rumah Doa Bukit Rhema

copyright by trepling.xyz

Letaknya berada di atas Bukit Rhema, sebenarnya dibuat meniru bentuk merpati namun karena bentuk bangunannya lebih mirip dengan ayam lengkap dengan kepala dan ekornya, maka orang menyebutnya dengan nama Gereja Ayam. Bangunan ini sempat terbengkalai, namun karena adanya syuting film AADC 2, akhirnya Rumah Doa Bukit Rhema ini kembali direnovasi dan terkenal hingga ke luar negeri. Jaraknya tak terlalu jauh dengan Punthuk Setumbu lho, karena kamu cukup berjalan kaki selama 20 menit untuk tiba di bangunan unik ini.

Wah ternyata banyak ya spot wisata di Magelang selain Candi Borobudur! Happy holiday, semoga bermanfaat yaa

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.