Pasca Pengeboman Gereja di Surabaya, Paus Fransiskus Sampaikan Pesan Damai Penuh Persaudaraan Untuk Indonesia

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Pemimpin umat Katolik, Paus Fransiskus, ikut prihatin dengan kejadian pengeboman tiga gereja di Surabaya pada Minggu pagi (13/5) lalu. Paus Fransiskus mengatakan bahwa insiden di ibu kota Jawa Timur tersebut membuatnya sedih.

Hal itu disampaikan saat misa mingguan di Vatikan. Pada saat itu, Paus Paus menyampaikan doa secara khusus untuk Indonesia dan Surabaya.

Read More

“Saya secara khusus dekat dengan masyarakat Indonesia khususnya komunitas Nasrani di Surabaya yang diterjang serangan serius di rumah ibadahnya,” kata Paus, Minggu (13/5).

“Mari bersama-sama kita memohon kepada Tuhan untuk terciptanya damai dan menghentikan kekerasan serta memastikan tidak ada ruang untuk rasa benci dan tindak kekerasan tapi mari kita mengisinya dengan persaudaran dan rekonsiliasi,” sambungnya.

https://www.youtube.com/watch?v=zRAswmSFEP8

Doa yang disampaikan Paus tersebut mendapatkan perhatian dari Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo. Hal ini dikarenakan Paus disebut sangat jarang menyebut Indonesia dalam sejumlah kegiatannya.

http://wartakota.tribunnews.com

“Kalau memperhatikan reaksi para pemimpin pemerintahan khususnya pimpinan gereja Katolik sangat jarang Paus berbicara tentang Indonesia, sangat jarang. Kemarin pada hari Minggu beberapa waktu sesudah peristiwa di Subaya terjadi, di dalam audensi umum yang dihadiri oleh ribuan orang di Vatikan, Paus menyebut secara khusus Indonesia,” ujar Suharyo di Kompleks Katedral, Jakarta Pusat, Senin (14/5).

Suharyo menyoroti pesan damai yang disampaikan Paus agar setiap warga khsusunya korban tak memendam rasa benci. “Sangat menarik beliau adalah pemimpin umat Khatolik tentu saja, yang sangat menarik adalah tidak ada satu katapun yang mengancam dari kata-kata Paus, tapi sebaliknya doanya sangat menyejukan. ‘Semoga dalam hati kita semua dijauhkan dari rasa benci, tetapi sebaiknya kita dituntun untuk mencari langkah-langka damai’,” ujar Suharyo.

BACA JUGA :  Usai Review Cemilan Ayu Ting Ting, Youtuber Ini Berikan Nilai 1

Selain Suharyo, doa Paus untuk Surabaya dan Indonesia juga diapresiasi oleh mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Din Syamsuddin. Din menyebut doa yang disampaikan Paus merupakan pesan damai untuk Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Suharyo yang dihubungi langsung oleh Din Syamsuddin.

“Tadi pagi-pagi benar saya menerima telepon dari Pak Din Syamsuddin, beliau mengucapkan bela sungkawa dan mengucapkan secara jelas syukur bahwa Paus menyebut dan mendoakan Indonesia dengan kata-kata yang begitu sejuk. Jadi apa yang saya terima telepon dari Pak Din menunjukan bahwa yang dicederai, yang terluka adalah kita semua,” ujar Suharyo.

Nah, kalau tanggapan kamu gimana nih Smartgirl tentang pesan dari Paus untuk Indonesia?

Related posts