Bukti Emansipasi Perempuan Berhasil Ditegakkan di Arab Saudi: Jumlah Pengacara Perempuan Meningkat Pesat

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Kementerian Kehakiman Arab Saudi pada hari Senin (7/5) lalu mengeluarkan data laporan terkait jumlah pengacara perempuan di Kerajaan.

Dalam laporan tersebut, pihak kementrian menuliskan bahwa terdapat sekitar 1.988 lisensi untuk praktisi hukum yang dikeluarkan sejak awal 2015. “Kami telah mengeluarkan sekitar 1.988 lisensi untuk praktik hukum sejak awal 2015”.

Read More

Sedangkan untuk tahun 2016, terdapat 755 lisensi yang dikeluarkan dengan pembagian 692 lisensi untuk pengacara laki-laki dan 83 lisensi untuk wanita.

https://internasional.kompas.com

Data kementerian tersebut juga menuliskan bahwa jumlah praktisi hukum berlisensi pada tahun 2017 meningkat sekitar 34 persen dibandingkan dengan tahun 2016. Kementerian mengharapkan kenaikan tersebut terus meningkat, terlebih pemerintah telah mencanangkan Program Transformasi Nasional (NTP) 2020 dan Visi 2030.

“Pada 2013, hanya ada 10 pengacara berlisensi di Arab Saudi. Kini, 221 pengacara perempuan secara resmi terdaftar di kementerian dan diperbolehkan membela klien di pengadilan nasional,” tulis kementerian.

Dilansir dari Arab News, Selasa (8/5/2018), Kementerian Kehakiman Kerajaan mengajak para wanita di Saudi untuk menekuni bidang Hukum sebagai karirnya.

Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan keberagaman sumber perekonomian di Arab Saudi, selain dari minyak.

Untuk mendukung kebijakan tersebut, Arab Saudi melakukan reformasi kebijakan dengan mendorong para aparat hukum melunakkan birokrasi untuk kepentingan individu dan bisnis. Kementerian Kehakiman juga mendirikan pengadilan khusus yang membutuhkan praktisi hukum dengan kemampuan mumpuni. Perubahan tersebut diharapkan dapat meningkatkan jumlah peminat pengacara.

BACA JUGA :  Fakta-fakta Dibalik Kelahiran Anak Pertama Raisa dan Hamish Daud

Untuk masyarakat yang telah menyelesaikan gelar hukum, sebelum mendapatkan lisensi praktik dari Kementerian Kehakiman masyrakat Arab Saudi harus melaksanakan magang profesional selama tiga tahun. Setelah itu, barulah lisensi dapat digunakan sebagai izin untuk membela klien di pengadilan Saudi dan layanan hukum lainnya dapat diterima.

Kamu tertarik jadi pengacara nggak nih, Smartgirl?

Related posts