Nanas Beneran Musuhnya Ibu Hamil Ya? Em.. Salah Satunya Sih! Nanas Punya Musuh Lain Ternyata…

  • Whatsapp

GIRLISME.COM — Smartgirl pasti udah banyak yang tau kalau ada himbauan entah sejak zaman kapan kalau makan nanas nanti bisa bikin orang hamil jadi keguguran. Kali ini katamama mau mengulik soal ini nih, bener enggaknya orang yang hamil makan nanas bisa bikin keguguran. Simak ulasannya ya Smartgirl!

1. Nanas dan keguguran adalah hal yang tidak terpisahkan! Ini hoax nggak sih? enggak Smartgirl jawabannya ada dibawah!

Nanas memiliki kandungan bromelain yang mirip enzim papain dalam buah pepaya. Enzim tersebut dapat menyebabkan kontraksi sebelum waktunya, jika pada saat hamil Smartgirl mengkonsumsinya. Nanas muda yang sangat mentah bisa menjadi penyebab paling utama seseorang mengalami keguguran, karena dinding rahim akan luruh dan terjadinya keguguran.

Read More

2. Smartgirl suka nanas? ternyata nanas bukan hanya musuh ibu hamil! terus musuh siapa lagi?

Buat Smartgirl yang menderita penyakit maag, jauh-jauh deh dari buah nanas. Jika Smartgirl memiliki maag lalu mengkonsumsi buah nanas akan menyebabkan sakit perut yang luar biasa. Hal tersebut adalah bentuk kontraksi atas asam yang ada didalam nanas.

BACA JUGA :  Eh Kamu Yang Baju Hijau, Iya Kamu! Dilarang Masuk Pantai Ini !!

3. Tapi ternyata ada ibu hamil yang baik-baik aja tuh makan nanas?!

Nah ini Smartgirl, meski nanas dilarang ada beberapa ibu hamil yang mengkonsumsi nanas dan kandungannya baik-baik saja. Berdasarkan studi Duke University Medical Center di 2011, dilansir dari NCBI, satu porsi jus nanas segar yang dimurnikan dari batang (sumber utama bromelain) hanya mencapai 16 mg. Jumlah bromelain yang ditemukan pada nanas segar terlalu kecil untuk memiliki efek perubahan nyata pada rahim dan sitem reproduksi. Selain itu, hampir sebagian besar kandungan bromelain akan hilang selama proses pengalengan atau jus (hellosehat.com).

Secara harfiah memang nanas bisa menyebabkan keguguran pada kehamilan karena memiliki kandungan enzim bromelain. Namun saat diteliti lebih lanjut hasilnya seperti yang sudah dijelaskan dari hasil study Duke University Medical Center tahun 2011.

So, memutuskan mau makan nanas atau tidak lebih baik di konsultasikan pada dokter kandungan ya Smartgirl demi kesehatan si calon bayi. Semoga bermanfaat! 🙂

Related posts