Aura Perdamaian Dalam Pertemuan Kim Jong-un dan Moon Jae-in

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Jumat 27 April 2018 merupakan hari berlangsungnya pertemuan tingkat tinggi antara Korea Utara dan Korea Selatan. Pertemuan tersebut dilaporkan berlangsung dengan cukup baik. Bahkan, melalui berbagai foto yang tersebar di media, pemimpin kedua negara tersebut tampak begitu akrab.

Read More

http://jateng.tribunnews.com

Pertemuan bersejarah tersebut dimulai ketika Presiden Moon meninggalkan Seoul dengan diiringi mobil-mobil pengawalnya. Selain itu, lambaian tangan masyarakat Korea Selatan yang menyerukan denuklirisasi mengiringi perjalanan Presiden Moon melewati perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara.

Presiden Moon didampingi oleh tujuh pejabat Korea Selatan, termasuk menteri pertahanan, menteri luar negeri, dan menteri urusan reunifikasi.

Sedangkan Kim Jong-un, didampingi oleh sembilan pejabat Korea Utara, diantaranya adalah adik perempuan Kim Jong-un, Kim Yo-jong, yang merupakan duta Olimpiade Musim Dingin 2018 di PyeongChang, Korea Selatan serta beberapa pejabat militer, yaitu Kim Yong-nam, Choe Hwi, Kim Yong-chol, Ri Su-yong (ketua Departemen Urusan Internasional), Ri Myong-su, Pak Yong-sik (menteri pertahanan), Ri Yong-ho (menteri luar negeri), dan Ri Son-gwon.

Perundingan resmi antara Moon dan Kim dimulai pada pukul 10:30 waktu setempat di lantai dua Rumah Perdamaian, Panmunjom.

Kabarnya, yang menjadi fokus pembahasan dalam pertemuan tersebut adalah denuklirisasi Semenanjung Korea, penyelesaian damai, dan peningkatan hubungan bilateral.

Hal ini telah dikonfirmasi oleh juru bicara pemerintah Korea Selatan, Yoon Young-chan, yang mengatakan bahwa kedua pemimpin telah membahas denuklirisasi dan perjanjian perdamaian permanen selama sesi pagi.

BACA JUGA :  Keberatan Dengan Istilah 'Damai', Pihak Korban Dugaan Pelecehan Seksual di UGM Jelaskan Alasan Diselesaikan Non-Legitimasi

Namun sebelumnya, pemerintah Seoul telah memperingatkan bahwa tidak mudah untuk mencapai kesepakatan tentang pembatalan senjata nuklir Korea Utara, sebab teknologi nuklir dan rudal Korea Utara kini sudah begitu maju sejak terakhir kali pemimpin kedua negara tersebut bertemu.

Pada sore hari, Kim Jong-un dan Moon Jae-in dikabarkan melakukan kegiatan menanam pohon pinus menggunakan tanah dan air dari tempat-tempat penting di Korea Utara dan Korea Selatan sebagai simbol perdamaian dan kemakmuran.

Selain itu, istri dari kedua petinggi tersebut juga kabarnya ikut hadir dalam acara makan malam yang berlangsung pada hari itu.

Smartgirl, kira-kira apa jadinya ya kalau Korea Selatan dan Korea Utara benar-benar damai?

Related posts