Setelah 35 Tahun, Arab Saudi Kembali Buka Gedung Bioskop

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Pada Rabu, 18 April 2018, Arab Saudi mengumumkan secara resmi dibukanya gedung bioskop. Ini adalah kali pertama semenjak Kerajaan melarang aktivitas semacam bioskop selama empat dekade.

Film box office “Black Panther” dipilih sebagai film yang pertama kali akan diputar pada Rabu (18/4/2018).

Read More

http://www.middleeastupdate.net

Semenjak pemerintah Saudi mencabut larangan operasional bioskop, AMC Entertainment, perusahaan asal AS, menjadi perusahaan yang pertama kali diberikan izin sebagai operator bioskop di negeri minyak tersebut.

Masyarakat Saudi sangat antusias semenjak pemerintah mengatakan bioskop pertama di Arab Saudi, setelah 35 tahun, akan dibuka di Riyadh. Namun pemerintah mengatakan bahwa, bioskop yang akan beroperasi di distrik keuangan Raja Abdullah Riyadh tersebut merupakan uji coba. “Ini akan menjadi yang pertama dari serangkaian uji coba yang akan dihadiri para spesialis industri ini untuk mendukung persiapan final sebelum bioskop dibuka untuk publik,” jelas Kementerian Penerangan Arab Saudi.

Sementara itu, CEO AMC Entertainment, Adam Aron sudah menekan kerja sama tak mengikat pada Desember lalu. Dalam perjanjian itu tertuang Dana Investasi Publik Arab Saudi akan membangun dan mengoperasikan seluruh bioskop di Arab Saudi. AMC Entertaiment berharap bisa membuka 40 buah bioskop di 15 kota Saudi selama lima tahun ke depan.

Selain itu, Adam Aron juga menjelaskan bahwa pada awal pembukaan bioskop, penonton bioskop tidak akan dipisahkan berdasarkan jenis kelamin seperti kebanyakan ruang publik di Saudi lainnya. Hanya saja, kemungkinan akan menggunakan sistem pembagian waktu menonton untuk penonton perempuan dan laki-laki secara terpisah.

BACA JUGA :  Kapok Diprotes, Blackpink Tampil Setengah Badan di Iklan Terbaru Shopee

Awalnya, kerajaan Saudi pernah mempunyai beberapa bioskop. Pencabutan larangan operasional bioskop ini merupakan salah satu kebijakan putra mahkota Arab Saudi Mohamed bin Salman sebagai salah satu langkah program reformasi Visi 2030.

Langkah pembukaan gedung bioskop ini merupakan bagian dari upaya modernisasi Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman, yang berusaha meningkatkan belanja domestik di era harga minyak yang rendah. Sektor hiburan diharapkan dapat mendongkrak pendapatan sekitar 64 miliar dollar Amerika Serikat dalam beberapa tahun ke depan

Smartgirl, kira-kira bagaimana ya rasanya nonton di bioskop Saudi?

Related posts