Jangan Sepelekan 5 Hal Ini, Jika Kamu Tidak Ingin Mudah Sakit

  • Whatsapp
attractive indian office worker talking on the phone

Seringkali kita tidak menyadari kebiasaan-kebiasaan yang sering kita anggap remeh, padahal tanpa kita ketahui hal-hal remeh itu ternyata berhubungan erat dengan kesehatan kita jika dilakukan terus menerus. Tak terkecuali, 5 hal yang kerap disepelekan berikut ini. Meremehkannya bisa membuat daya tahan tubuh kita lemah, sehingga kita pun sering sakit. Hmm… kalau sudah bertemu 5 hal ini, jangan meremehkan mereka lagi ya!

1. Jangan Meniup Makanan yang Panas, Tunggu saja sampai dingin

Kita kerap kali dibawa oleh hawa nafsu. Mendahulukan hawa nafsu sehingga tidak sabar jika sudah dihadapkan dengan makanan. Apalagi jika disertai dengan perut yang kosong, meniup makanan pun menjadi pilihannya. Padahal sebenarnya itu sangat tidak dianjurkan karena berbahaya. Bertemunya H2O (air dalam gelas) dengan karbondioksida atau CO2 (udara yang kita tiupkan melalui mulut) akan menghasilkan asam karbonat atau H2CO3.Nah, jika senyawa kimia ini masuk ke dalam perut kita bisa menyebabkan gangguan fungsi jantung. Selain itu, di dalam mulut kita juga terdapat senyawa partikel berbahaya dari sisa-sisa makanan dan minuman atau mikroorganisme buruk. Jadi kalau kita meniup makanan dan minuman yang panas, sama saja kita memberikan racun ke dalamnya.

Read More

BACA JUGA :  Momen Mencolok Saat Debat Perdana Pilpres 2019

2. Potong kuku tepat Seminggu Sekali, jangan kelewatan

Ini salah satu hal sepele yang seringkali diremehkan oleh orang-orang, padahal kuku merupakan alat vital kita sehari-hari. Banyak para wanita sengaja memanjangkan kuku tangan nya dan memakaikan kuteks warna pada kukunya. Tapi sebenanya memanjangkan nya saja sudah merupakan hal yang buruk bagi kesehatan kita. Karena jika kuku kita panjang, itulah tempat yang tepat bagi bakteri-bakteri bertengger.Kalau sudah tersedia tempat yang nyaman bakteri itu bertengger di tubuh kita, maka jangan heran jika badan kita kerap mudah sekali di serang penyakit. Tidak mau kan dibalik kukumu yang cantik ternyata tempat bertengger bakteri-bakteri jahat?

3. Minumlah Air Putih sebanyak-banyaknya

70 persen tubuh Anda terdiri dari air. Bila kebutuhan air dalam tubuh tidak terpenuhi, maka tubuh akan menanggung sejumlah konsekuensi kesehatan jangka pendek dan jangka panjang yang negatif.Kebanyakkan orang minum air putih jika saat haus saja, hal ini bukan suatu kesalahan tetapi perlu di luruskan. Bahwasan nya air putih tidak hanya sebagai penghilang rasa haus saja, tetapi banyak sekali manfaat dan berguna bagi tubuh kita. Selain itu minum air putih setelah bangun tidur pagi secara rutin dipercaya akan membantu kita menurunkan berat badan. Penasaran? Selamat Mencoba!

4. Tidur menghadap Kanan

Siapa nih disini kalau tidur tidak memperhatikan posisi tidurnya? Padahal ini merupakan hal penting yang sangat berkaitan dengan kesehatan badanmu loh. Orang-orang biasanya tidur dengan posisi tengkurap atau telentang. Padahal banyak penelitian yang membuktikan bahwa kematian pada anak-anak banyak terjadi saat tidur tengkurap. Kenapa?Karena pada saat tidur tengkurap di atas perutnya setelah suatu periode tertentu akan mengalami kesulitan bernafas. Seluruh berat badannya akan menekan ke arah dada, yang menghalangi dada untuk merenggang dan berkonstraksi saat bernafas. Hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya kekurangan asupan oksigen yang dapat mempengaruhi kinerja jantung dan otak.

BACA JUGA :  Fotografer Indonesia Masuk 20 Besar Dunia

5. Senantiasa merasa Bahagia, sehat jiwa dan Raga

Merasa bahagia merupakan kunci dari kesehatan jiwa kita. Seringkali orang lupa bahwa menjaga kesehatan jiwa juga penting dijaga, tidak hanya kesehatan raga yang perlu diperhatikan. Secara tidak langsung rasa bahagia yang kita rasa akan mensugesti tubuh kita agar selalu sehat baik sehat jiwa maupun raga.Jika raga kita sudah sehat sempurna, otomatis raga kita pun juga sehat. Keduanya haus dijaga secara seimbang, baik kesehatan jiwa maupun kesehatan raga.Itulah hal-hal kecil dan kebiasaan sering disepelekan oleh orang-orang. Setelah membaca artikel ini, semoga kamu tak meremehkannya lagi ya. Tidak mudah memang untuk mengubah kebiasaan, makanya harus kita lakukan pelan-pelan. Yuk ubah kebiasaan sehingga jadi lebih sehat mulai sekarang!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *