Pemerintah Tambah Cuti Bersama, Total Libur Lebaran Jadi 10 Hari

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Keputusan jadwal cuti bersama untuk libur lebaran 2018 telah resmi ditandatangi. Penandatangan keputusan tersebut dilakukan di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), pada Rabu (18/4).

Penandatanganan tersebut sekaligus pengumuman tentang adanya perubahan tanggal libur lebaran, yaitu tambahan cuti bersama dua hari. “Pada kesempatan ini pemerintah akan menambah 2 hari cuti bersama pada tanggal 11 dan 12 dan sesudah lebaran Idul Fitri (yang kemungkinan jatuh pada) 15 dan 16, yaitu tanggal 20 Juni 2018,” kata Menko PMK Puan Maharani di Kantor Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (18/4/2018).

Read More

“Salah satu pertimbangan kenapa ditambah cuti bersama yaitu untuk mengurai arus lalu lintas sebelum lebaran dan sesudah mudik lebaran,” jelas Puan.

Tambahan cuti bersama tersebut telah diresmikan melalui surat keputusan bersama (SKB) 3 menteri, yang ditandatangani oleh Menteri PAN-RB Asman Abnur, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Penandatanganan tersebut disaksikan langsung oleh Puan Maharani dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

https://palapanews.com

Sebelum penandatanganan tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur, menjelaskan bahwa pemerintah telah mengkaji usulan penambahan dua hari libur lebaran tahun ini. Ia juga menambahkan bahwa tanggal libur yang akan diputuskan berbeda dengan usulan sebelumnya. “Jadi tambahan itu dua hari setelah lebaran, nah dua hari setelah lebaran ditambah (liburnya),” jelas Asman.

BACA JUGA :  Ngerasa Nggak Percaya Diri Pasca Putus Hubungan? Be Positive Yuk Girls, Ingat 5 Hal Tentang Dirimu Ini...

Meskipun hari cuti bersama ditambah, pemerintah menekankan bahwa pekerja khususnya pegawai negeri sipil (PNS) tetap diperbolehkan mengambil cuti tambahan pada lebaran tahun ini, di luar jadwal yang ditentukan tersebut. Hanya saja, tambahan cuti tersebut akan mengurangi jatah cuti tahunan pekerja.

Awalnya, cuti bersama ditetapkan sebanyak 4 hari, yaitu 13,14,18,19 Juni 2018. Namun, setelah penandatangan SKB 3 menteri tersebut, maka total cuti bersama dan libur lebaran adalah 10 hari. Rinciannya, yaitu: cuti bersama pada 11, 12, 13, 14 Juni; libur Lebaran 15 dan 16 Juni; 17 Juni adalah hari Minggu; dan cuti bersama 18, 19, 20 Juni.

Libur 10 hari, kira-kira kamu mau kemana aja nih, Smartgirl?

Related posts