5 Alasan Kenapa Masa-Masa Menstruasi Itu jadi Masa PALING Rentan Buat Mood Cewek! Baca Deh, Biar Tau Kalau Sakit Mens Itu Malah Lebih Dari Sakitnya Serangan Jantung!

  • Whatsapp

GIRLISME.COM – Menstruasi itu adalah masa-masa peluruhan dinding rahim, karena belum terjadinya pembuahan oleh sel sperma. Pas masa-masa ini biasanya cewek ngalamin berbagai keluhan, mulai dari badan yang ngggak nyaman, sampai mood yang berubah turun naik kaya harga BBM. Nah, kebanyakan orang nyepelein lho tentang keluhan sakit pas menstruasi ini. Dikiranya lebay lah, jadi kaya monsterlah, inilah, itulah…padahal, ada lho fakta-fakta medis yang ngebuktiin kenapa masa-asa menstruasi ini ajdi amsa yang rentan banget buat cewek.

1. Sama sakitnya kaya serangan jantung. Bayangin aja, ngalamin nyeri luar biasa sampai rasanya mau mati setiap bulannya…

https://www.troab.com

Read More

 

Dikatakan John Guillebaud, seorang profesor kesehatan di University College London, Inggris. Dalam penelitiannya, Guillebaud nemuin kalau dismenore atau nyeri haid ini sama buruknya kaya serangan jantung.

Kalau udah kaya begini, maka sebenernya seorang cewek yang jadi uring-uringan di masa menstruasi itu sangat wajar ya Smartgirl. Gimanapun juga sakitnya itu nggak main-main, dan bahkan susah banget buat diabaikan, malahan jadinya nggak bisa beraktifitas sama sekali.

Serangan jantung yang bisa aja bikin mati, ini malah kejadian lagi dan lagi secara rutin. Gokil.

 

2. Perubahan hormon yang serius di tubuh cewek, bikin mood beneran turun-naik. Dan udah terbukti secara medis yaa, bukan cuma ngada-ngadain!

http://www.oowomaniya.com

 

Perubahan hormon estrogen dan progesteron di tubuh cewek dari ketika masa PMS (Pre Menstruasi Syndrome) ini mempengaruhi kadar hormon serotonin yang juga ada di tubuh kamu, Girls. Hormon serotonin ini salah satuya adalah yang bisa nagsi efek bahagia. Nah, karena itu kalau misalnya ketiga hormon ini naik turun, mood cewek juga ikutan.

Jadinya emang mood yang turun dan nggak jelas itu bukannya tanpa sebab dan cuma ngada-ngadain aja. BIG NO!

 

3. Gejala PMS yang bikin keki dan nggak nyantai. Mulai dari mual, muntah, demam, sampai nangis nggak jelas 🙁

http://www.psychmechanics.com

 

Girls kamu kalau PMS itu ngerasain apa aja sih?

Menurut penelitian, si menstruasi ni biasanya bakalan dimulai dengan beberapa gejala yang nggak bisa disepelein, dan serius banget lho. Karena berpotensi tinggi buat bikin kamu nggak bisa aktifitas, bahkan sekedar bangun aja susah.

Nah kalau udah begini, masi heran mood jadi kacau??

 

4. Bawaannya sampai depresi, sensitif, dan punya gangguan tidur. Yang kaya gini masih dikiranya sepele??

https://www.pitria.com

 

Rasa nggak nyaman yang dirasain sama cewek itu mulai dari pra menstruasi, pas menstruasi, sampai hari terakhir lho ya. Makanya mood cewek itu jadi uring-uringan dan nggak jelas, karena emang tidur aja itu susah. Makanya besok paginya badan masih nggak fit dan susah buat ngapa-ngapain.

 

5. Jerawat subur kemana-mana. Udah kaya pahlawan, yang gugur satu, tumbuh seribu…

https://www.itsnicethat.com

 

Nah, hal lain yang bisa bikin BT itu adalah jewarat yang awalnya aman dan damai sentausa, tetiba keluar dan muncul dimana-mana. Bikin nggak PD main dan kencan bareng doi. Yang awalnya muka mulus, tapi tiba-tiba ada benjolan jerawat, yang nggak cuma ninggalin noda hitam, tapi juga bikin berasa sakit di muka 🙁

Nah, ini ya Girls, hal-hal yang mungkin kamu rasain di amsa-masa PMS sampai pas menstruasinya, yang bikin mood kocar kacir!

Gejala fisik pramenstruasi yang biasa terjadi 

  • Nyeri pada sendi, otot dan pinggul
  • Payudara membengkak dan terasa nyeri
  • Perut terasa kembung
  • Sakit kepala
  • Lelah atau letih
  • Tumbuh jerawat
  • Berat badan naik

Gejala psikis pramenstruasi yang umum terjadi 

  • Sensitif dan mudah marah
  • Depresi
  • Nafsu makan berubah
  • Mood mudah berubah
  • Sulit konsentrasi
  • Pelupa
  • Cemas dan gangguan tidur

Nah, gejalamu yang mana aja??

BACA JUGA :  Mengangkat Tema Puter Kayun, Banyuwangi Ethno Carnival 2018 Tampilkan 120 Busana Kreasi Etnik

Related posts